Minggu, 20 Oktober 2019


Erlina Minta Petani Tingkatkan Produktivitas dan Mutu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 44
Erlina Minta Petani Tingkatkan Produktivitas dan Mutu

PANEN PADI – Bupati Mempawah, Erlina menghadiri panen raya padi Gapoktan Sejahtera Abadi di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Selasa (24/9).

Pemerintah Kabupaten Mempawah menghadiri Panen Raya Padi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sejahtera Abadi di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Selasa (24/9).


Bupati Mempawah, Erlina mengatakan meskipun saat ini cuaca ekstrim, berasap, tidak ada hujan, para petani masih bisa panen.


"Saya ucapkan selamat kepada para petani di Desa Sungai Nipah yang telah berhasil mengelola sawah dan ladang sehingga sukses menggarap lahan pertanian hingga panen sekarang ini," katanya.


Dijelaskan bahwa subsektor tanaman pangan merupakan satu di antara subsektor strategis dan fundamental bagi perekonomian regional dan nasional.

 

Pemerintah khawatir terjadi krisis pangan pada tahun mendatang karena kebutuhan beras sebagai salah satu sumber pangan utama penduduk terus meningkat karena penduduk terus bertambah. Selain itu, terjadi perubahan iklim global dan berkurangnya lahan pertanian.

 

"Untuk mengatasi kekhawatiran terjadi krisis pangan, mari kita tingkatkan produksi produktivitas dan mutu tanaman pangan, khususnya padi. Manfaatkan lahan pertanian dengan optimal melalui peningkatan intensifikasi yakni dengan menerapkan teknologi dan mekanisasi pertanian,” katanya.

 

“Sarana dan prasarana pertanian dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, seperti alsintan dan bangunan pertanian seperti saluran pintu air, dam parit, saung tani dan lainnya, agar dipelihara dan dijaga supaya bisa dipergunakan sesuai dengan umur produktif bahkan lebih,"katanya.


Lebih juah, Erlina meminta petani mengembangkan jenis-jenis tanaman lokal yang memiliki nilai jual yang tinggi, untuk selanjutnya dijadikan varietas unggulan lokal yang berskala nasional bahkan internasional.


"Yang terpenting yaitu peningkatan ilmu dan pengetahuan pertanian serta terus mendorong pemuda dan pemuda berusaha di bidang pertanian," katanya. (ruben/bah)