Selasa, 15 Oktober 2019


Kasus Korupsi Aset Desa Menguap

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 75
Kasus Korupsi Aset Desa Menguap

Kantor Mapolres Mempawah

MEMPAWAH, SP – Sepuluh warga Desa Sungai Limau,Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah mendatangi Polres setempat, Selasa (810).

 

Mereka mempertanyakan perkembangan laporan kasus dugaan korupsi penjualan aset tanah Desa Sungai Limau oleh mantan kades setempat, STZ saat menjabat beberapa tahun lalu.

 

"Kami ke sini (Polres Mempawah) untuk mempertanyakan perkembangan kasus (dugaan penjualan aset tanah desa) yang sudah ditangani pihak polres Mempawah yang sudah dilaporkan sejak tahun 2016 silam itu," kata Perwakilan warga, Andi Kamarudin.


Dikatakan bahwa dari hasil audiensi dengan Polres Mempawah, kasus itu terus berjalandan sudah masuk dalam tahapan penyidikan.


"Dari hasil audiensi, katanya pihak Polres Mempawah sudah melakukan  pemanggilan dua kali terhadap STZ, namun belum memenuhi panggilan. Infonya STZ sudah tak berada di rumahnya, diduga melarikan diri. Polis Polres Mempawah akan melakukan pencarian dan akan dijemput paksa namun selaku saksi," kata Andi.


Berdasarkan audit  perhitungan dari Inspektorat Mempawah silam, temuan korupsi pada penjualan aset desa tersebut sekitar Rp873 juta. Pembayarannya masuk ke rekening pribadi STZ, bukan masuk ke rekening desa.


"Pelaporan kita silam itu karena adanya dugaan penyalahgunaan kewenangan dalam hal jual beli aset. Kita harapkan kasus ini segera diselesaikan," katanya.

 

Sementara Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi menyatakan kasus dugaan korupsi penjualan aset desa oleh mantan kades STZ sudah masuk dalam tahapan penyidikan.

 

"Kasus ini terus kita tangani karena sudah masuk dalam tahapan penyidikan. Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka," katanya.


Saat ini pihaknya tinggal melengkapi berkas-berkas perkara penanganan penjualan aset Desa Sungai Limau dan melakukan pemeriksaan terhadap terlapor.

 

"Jadi, kita tinggal melakukan pemeriksaan ST (STZ) sebagai tersangka," katanya.


Adanya  informasi yang beredar bahwa saat ini STZ melarikan diri, pihaknya meminta warga tak cemas.

 

"Tak usah khawatir, kita pasti bisa mengembalikannya (mendatangkannya)," katanya. (ben/bah)


Tangkap Pelaku


Satu di antara warga Desa Sungai Limau, Munir Hamid meminta polisi cepat menangani perkara itu dan menangkap pelaku.

 

"Karena sudah beberapa kali dipanggil pihak Polres Mempawah namun menghindar. Makanya kita duga melarikan diri," katanya.


Dikatakan bahwa sudah hampir sebulan STZ tidak berada di rumahnya. Untuk itulah pihaknya menanyakan perkembangan kasus itu ke Polres Mempawah.


"Saat ini polisi sedang melakukan pencarian terhadap STZ," katanya. (ben/bah)