Selasa, 19 November 2019


Terdata 75 Kasus DBD

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 72
Terdata 75 Kasus DBD

Ilustrasi foto nyamuk aedes aegypti

MEMPAWAH, SP – Terdata 75 penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) karena gigitan nyamuk aedes aegypti pada rentang waktu Januari-Oktober 2019 di Kabupaten Mempawah. 

Demikian yang diungkapkan Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  Kabupaten Mempawah, Sumarni, Selasa (15/10). 

"Terdata 75 kasus DBD dari Januari-oktober 2019. Penderitanya tersebar seKabupaten Mempawah," katanya. 

Menurutnya,  kasus DBD di Mempawah masih terbilang standar. Belum ada peningkatan yang sangat signifikan meskipun saat ini masuk siklus lima tahunan.

"Saat ini masuk siklus lima tahunan. Semoga dua bulan ke depan tak ada peningkatan yang sangat signifikan," ujarnya. 

Pihaknya juga menginstruksikan terhadap puskesmas-puskesmas seKabupaten Mempawah untuk selalu melakukan antisipasi penyakit DBD, dengan membagikan abatisasi dan fogging (pengasapan).

"Kita lakukan fogging di sekolah-sekolah dan kawasan daerah endemis," katanya.

Adapun kawasan-kawasan yang rawan DBD yaitu di Kecamatan Mempawah Hilir, Sungai Pinyuh, Mempawah Timur dan Anjungan. Daerah itu terus dilakukan pemantauan. Namun jika terdapat kasus DBD, maka pihaknya akan segera melakukan fogging.

"Meskipun terdapat 75 kasus DBD, namun belum ada korban jiwa," ungkapnya. (ben/bah)

Cegah DBD 

Ada cara yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah penyakit DBD. Cara itu seperti membersihkan rumah. Pemilik rumah harus membersihkan beberapa tempat kesukaan nyamuk. Tempat-tempat itu adalah tumpukan baju karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. 

Kemudian genangan air dan tempat-tempat berdebu. Nyamuk-nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang kotor dan lembab.

Selain itu, pemilik rumah harus menambah sirkulasi udara. Misalnya, membuka jendela rumah saat pagi hari untuk melancarkan sirkulasi udara dan juga mendapat cahaya yang maksimal.

Pemilik rumah juga bisa memasang kelambu di jendela. Jadi, nyamuk akan sulit masuk rumah saat jendela terbuka.

Untuk mengusir nyamuk, bisa juga digunakan kapur barus yang dibakar. Kemudian diletakkan di dalam ruangan dan tutup jendela. Diamkan sekitar 15 menit, nyamuk-nyamuk DBD atau demam berdarah akan hilang. (mer/bah)