Rabu, 11 Desember 2019


20 Alat E-Voting Disiapkan di Pilkades 2020

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 124
20 Alat E-Voting Disiapkan di Pilkades 2020

Ilustrasi E-Voting

MEMPAWAH, SP - Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Mempawah, Rudi mendata sebanyak 20 alat electronic voting (e-voting) tersedia untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan bergelombang di tahun 2020 di Mempawah. 

Diperkirakan sekitar 30 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. 

"20 unit alat e-voting sudah aman dalam pelaksanaan Pilkades serentak dan bergelombang. Namun jika terdapat kekurangan mungkin akan dilakukan pembelian lagi atau dengan cara menyewa alat tersebut," katanya.

Untuk satu unit alat e-voting, bisa digunakan untuk 800 hingga 1.000 Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"DPT menentukan TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan TPS menentukan alat e-voting yang akan digunakan setiap desa dalam pelaksanaan Pilkades," katanya.

Berkaca pada Pilkades yang sudah dua kali dilaksanakan menggunakan e-voting di Mempawah, hal yang akan sangat diperhatikan yaitu mekanisme dalam melakukan pemilihan.

"Karena sudah dua kali  pernah dilaksanakan di Mempawah dengan sistem e-voting, kami yakin pelaksanaan (Pilkades 2020) bisa berlangsung secara aman. Insya Allah aman," katanya. 

Adapun DPT yang akan digunakan pada Pilkades yaitu DPT dari data Disdukcapil Kabupaten Mempawah, bukan KPU Kabupaten Mempawah. (ben/bah)