Rabu, 11 Desember 2019


Luncurkan Aplikasi e-Tektur

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 90
Luncurkan Aplikasi e-Tektur

PELUNCURAN – Pemkab Mempawah meluncurkan aplikasi e-Tektur (Elektronik Arsitektur) berbasis android di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mempawah, Senin (18/11).

MEMPAWAH, SP - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mempawah melaksanakan soft launching aplikasi e-Tektur (Elektronik Arsitektur) berbasis android di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mempawah, Senin (18/11).

Peluncuran aplikasi itu untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan masyarakat yang mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sekaligus desain arsitektur bangunannya secara gratis. 

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Hamdani dan dihadiri tokoh masyarakat di Mempawah.

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi mengatakan, peluncuran aplikasi e-Tektur berbasis android sejalan dengan arahan Presiden RI dalam memberikan pelayanan cepat terhadap masyarakat.

"Ini merupakan bentuk inovasi dalam memberikan pelayanan yang cepat terhadap masyarakat yang ingin membuat IMB," katanya.

Menurutnya, dengan adanya aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor untuk membuat surat IMB, tinggal melengkapi persyaratannya dengan menggunakan android.

"Jadi, masyarakat tak perlu lagi ke kantor untuk membuat IMB karena sudah dipermudah melalui aplikasi android dalam memberikan pelayanan masyarakat agar lebih cepat," katanya.

Pagi mengatakan hal ini merupakan inovasi dalam mempercepat pelayaran terhadap masyarakat. Pagi pun mengakui sangat baik dalam mempercepat proses pelayanan. 

“Makanya terkait inovasi yang dibuat ini agar segera disosialisasikan terhadap masyarakat, baik camat, desa, RT harus disosialisasikan agar mereka cepat memahaminya," tegasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang Kabupaten Mempawah, Hamdani mengatakan aplikasi e-Tekstur ini untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait arsitektural dalam pembuatan IMB yang berbasis android.

"Ini bentuk inovasi staf dalam memberikan pelayanan kearsitekturan dalam mengurus IMB, di mana perda, satu di antaranya terkait bangunan gedung harus mengakomodir muatan lokal," katanya.

"Jadi, dengan aplikasi ini tidak mengikat pada waktu-waktu tertentu dalam mengurus IMB," tegasnya .

Ia berharap ke depan dalam pengurusan IMB semakin cepat karena satu di antara aspek yang ditinjau yaitu terkait arsitektur bangunannya yang harus terdapat muatan lokal Mempawah. (ben/bah)

Perpendek Proses Birokrasi

Kepala Seksi Pembangunan dan Penataan Ruang Kabupaten Mempawah, Arief Wahyudi mengatakan, inovasi yang dilakukannya guna memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam mengurus IMB, di mana bisa dilakukan melalui aplikasi berbasis android 

"Jadi, aplikasi ini untuk memperpendek proses birokrasi dalam pembuatan IMB di Kabupaten Mempawah," katanya.

Setiap warga yang hendak membuat IMB, pihaknya akan memberikan desain bangunan gratis, berdasarkan kemampuan mereka.

"Karena biasanya setiap orang mau mendirikan bangunan akan ada konsultan yang merancang gambarnya. Namun, dengan adanya aplikasi ini, mereka yang mengurus IMB akan digratiskan dengan membuat desain bangunan secara gratis atau biasa disebut konsultan plat merah," katanya. (ben/bah)