Selasa, 21 Januari 2020


Erlina Kukuhkan 76 Bunda PAUD

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
Erlina Kukuhkan 76 Bunda PAUD

KUKUHKAN BUNDA PAUD - Bupati Mempawah, Erlina mengukuhkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Mempawah di Mempawah Convention Center (MMC) Mempawah, Selasa (10/12).

MEMPAWAH, SP - Pemerintah Kabupaten Mempawah mengukuhkan sebanyak 76 Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Mempawah di Mempawah Convention Center (MMC) Mempawah, Selasa (10/12).

Bupati Mempawah, Erlina mengatakan 76 yang dikukuhkan sebagai Bunda PAUD terdiri perwakilan kecamatan, desa dan kelurahan se Kabupaten Mempawah.

"Mereka yang dilantik merupakan perwakilan dari masing masing kecamatan, desa dan  kelurahan sebagai Bunda PAUD di wilayah Mempawah agar bisa mengemban amanah tupoksinya," katanya. 

Menurutnya, pemerintah daerah melalui aturan yang telah ada, terkait standar pelayanan anak di usia dini, dimana anak usia 5-6 tahun wajib mendapatkan pendidikan anak di usia dini. 

Terkait hal itu, pemerintah pusat dan daerah juga akan terus berupaya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarananya melalui berbagai program, baik melalui dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), Dana Alokasi Umum (DAU) non fisik maupun fisik.

"Tahun 2019 Rp2 miliar lebih (anggaran pendidikan,red) dan 2020 Rp3 miliar lebih, dimana ada peningkatan Rp1 miliar lebih. Sedangkan Pemda Mempawah menganggarkan melalui APBD Rp1 miliar lebih di tahun 2019," katanya.

Erlina berpesan kepada Bunda PAUD yang telah dilantik agar bisa memaksimalkan dan meningkatkan kualitas dalam mendidik anak Mempawah ke depan.

"Karena anak anak tersebut akan meneruskan perjuangan kita ke depan," katanya.

Menurutnya, pendidikan PAUD sangat penting karena anak usia 5 tahun itu punya daya ingat sangat kuat dan disebut sebagai memori keemasan mereka.

"Makanya pendidikan terhadap anak usia dini harus betul-betul berkualitas," tegasnya. (ben/bah)

Tingkatkan Pelatihan Pengayoman

Tokoh Pemuda Kabupaten Mempawah, Mohlis Saka meminta kepada Bunda PAUD yang dikukuhkan di setiap kecamatan, desa maupun kelurahan di Kabupaten Mempawah meningkatkan pelatihan pendidikan terhadap anak usia dini.

"Setiap Bunda PAUD yang dilantik sangat perlu meningkatkan tata cara mendidik dan  mengayomi anak-anak usia dini," katanya.

Tak hanya tenaga pendidikannya yang perlu ditingkatkan, namun fasilitas-fasilitas untuk menunjang permaianan anak-anak usia dini juga sangat diperlukan.

"Fasilitas penunjang untuk anak-anak bermain sangat penting," katanya. (ben/bah)