Sabtu, 18 Januari 2020


Mal Pelayanan Publik Diluncurkan 2020

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
Mal Pelayanan Publik Diluncurkan 2020

MAL PELAYANAN – Suasana aktivitas mal pelayanan publik di sebuah daerah. Di Mempawah, mal peyanan publik direncanakan akan diluncurkan tahun depan.

MEMPAWAH, SP -  Pemerintah Kabupaten Mempawah mendata 100an inovasi  yang telah terdata dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mempawah. Inovasi itu untuk Mempawah lebih maju ke depan.

"Sudah terdata 100 lebih inovasi dari masing-masing OPD Mempawah di antaranya mal pelayan publik, e-kinerja, peningkatan disiplin pegawai," kata Bupati Mempawah, Erlina, kemarin.

Erlina menegaskan, tujuan dari inovasi-inovasi yang diinginkannya agar bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Mempawah. Untuk itulah dalam launching inovasi, kemarin, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI diundang.

"Kita ingin Mempawah lebih maju," ujarnya. 

Dirinya akan terus memacu setiap OPD Mempawah agar bisa terus menggali potensi inovasi yang berada di Mempawah. Karena di Mempawah ini sudah banyak penghargaan di kepemimpinannya, diperkirakan sekitar puluhan. 

Sementara Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi menyampaikan berbagai macam inovasi yang telah direncanakan di Mempawah, satu di antaranya yaitu mal pelayanan publik menggunakan aplikasi berbasis android.

"Mal pelayanan publik rencananya akan dibuat sekitar tahun 2020," katanya. 

Dikatakan, tata cara kerja mal pelayanan publik tersebut, di mana setiap instansi atau OPD yang memberikan pelayanan publik akan ditempatkan di suatu tempat khusus. Masyarakat hanya perlu datang ke tempat itu untuk mendapatkan pelayanan. 

"Jadi, masyarakat tinggal mengurus apa saja di satu tempat yang disebut mal pelayanan publik itu," katanya. 

Pagi menjelaskan pemerintah daerah sedang menyiapkan Standar Operasional Prosedur  (SOP). Setelah itu, aturan-aturan dan baru sarana dan prasarana mal pelayanan publik itu. 

"Targetnya mal pelayanan publik berbasis aplikasi android tahun 2020 mendatang sudah bisa launching," katanya. (ben/bah)

Peningkatan Kualitas Layanan

Mal pelayanan publik merupakan terobosan baru pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Layanan terpadu sebelum adanya Mal pelayanan publik dikenal dengan nama Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) yang kemudian berubah lagi menjadi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

Mal pelayanan publik bisa dikatakan sebagai peningkatan kualitas dari dua layanan terpadu sebelumnya. 

Mal pelayanan publik adalah wadah berlangsungnya penyelenggaraan pelayanan publik terkait dengan barang, jasa, dan layanan administrasi. Layanan yang satu ini merupakan perluasan dari pelayanan terpadu baik di pusat maupun daerah. 

Artinya, di dalam mal pelayanan publik seluruh kegiatan pelayanan seperti perizinan maupun non perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah setempat bisa dilakukan di situ. 

Tak cuma perizinan untuk masyarakat secara individu, tetapi badan usaha milik negara dan swasta juga bisa mengurus segala perizinan lewat mal pelayanan publik. (mon/bah)