Minggu, 22 September 2019


Ketua MPR RI: Upaya Pelestarian Budaya Sangat Penting

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 885
Ketua MPR RI: Upaya Pelestarian Budaya Sangat Penting

Ketua MPR RI Zulkifi Hasan, bersama delegasi Pepadi, Selasa (5/4). (mpr.go.id)

JAKARTA, SP- Sebagai bangsa yang berkebudayaan, Indonesia diharapkan dapat terus memberikan pemahaman dan melestarikan seni wayang kepada masyarakat. Upaya pemahaman dan pelestarian budaya sangat penting, sebab negara ini akarnya adalah budaya. 

Hal itu terucap dalam pertemuan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dengan delegasi Persatuan Pedalangan Indoensia Pusat ( Pepadi ), di Gedung Nusantara III DPR/MPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (5/4).

Ketua Umum Pepadi, Kondang Sutrisno mengatakan, kedatangan delegasi ini selain untuk bersilaturahmi juga bertujuan untuk menyuarakan dukungannya tentang gerakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Menurut dia, Pepadi pernah melakukan kerjasama Sosialisasi Empat Pilar dengan MPR RI dalam bentuk pagelaran seni wayang. Dan Pepadi sangat mengapresiasi intansi-instansi negara yang tetap menggunakan kesenian bangsa dalam setiap program-program seperti yang dilakukan MPR RI.

“Upaya pemahaman dan pelestarian budaya sangat penting di negara kita sebab Indonesia akarnya adalah budaya.  Makanya visi dan misi Pepadi dalam pelestarian seni budaya sangat erat kaitannya dengan kebangsaan dan kami harap MPR dan Pepadi yang ternyata visi dan misinya sejalan, dapat terus menjalin hubungan kerjasama yang baik demi rakyat,” ujar Sutrisno, seperti dikutip dari siaran pers tertulis Bidang Pemeritaan MPR RI. 


Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa pemahaman nilai-nilai luhur bangsa Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika harus mendapat dukungan serta peran aktif semua elemen bangsa seperti Pepadi.

“MPR tidak bisa melakukannya sendiri, perlu dukungan kiprah seluruh elemen bangsa agar pemahaman nilai-nilai luhur banga bisa bermetamorfosis menjadi karakter dan implementasi di riil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Seni pertunjukkan wayang, lanjut Zulkifli, sangat baik sebab dalam ceritanya selalu ada pemahaman nilai-nilai yang bagus seperti kejujuran, cinta tanah air, bela negara dengan metode penyampaian yang sangat halus sekali dan masuk ke sanubari penikmat seni wayang.

“Kami harap Pepadi bisa melakukan kerjasama dengan MPR dalam sosialisasi empat pilarnya dengan metode penyampaian seni dan budaya.  Kami harap para seniman seniwati bisa menjadi juru bicara dalam pemahaman soal Pancasila, semuanya demo bangsa dan negara,” pungkasnya. (hendra cipta/ind)