Bupati Kayong Utara Hildi Hamid Optimis Sail Karimata 2016 Sukses

Nasional

Editor sutan Dibaca : 822

Bupati Kayong Utara Hildi Hamid Optimis Sail Karimata 2016 Sukses
Suasana Rapat Koordinasi Tingkat Kementerian/Lembaga dan Kepala Daerah Sail Selat Karimata 2016 di Jakarta, Kamis (26/5). Rapat koordinasi membahas penyelenggaraan "Sail Selat Karimata 2016" yang akan diadakan di empat provinsi, yakni Provinsi Kalimantan
JAKARTA, SP - Bupati Kayong Utara,  Hildi Hamid mengaku optimis bisa menyukseskan puncak acara Sail Selat Karimata 2016 yang digelar 15 Oktober mendatang.   Ibu Kota Kabupaten Kayong Utara (KKU) Sukadana telah didaulat menjadi lokasi utama puncak Sail Selat Karimata 2016.  

"Kayong Utara ini memang daerah baru, tapi kami yakin kami bisa sukses gelar acara seperti halnya Raja Ampat pada 2014 lalu," kata Hildi dalam jumpa pers usai peluncuran Sail Selat Karimata 2016 di Jakarta, Rabu (1/6).  

Ia menuturkan, keyakinannya itu tumbuh saat mengetahui Raja Ampat yang menjadi tuan rumah Sail Raja Ampat 2014 juga sukses menyelenggarakan ajang layar internasional itu.   "Padahal waktu itu di Raja Ampat jalan yang diaspal baru dua kilometer tapi bisa (gelar sail). Makanya kami yakin kami juga bisa," ucapnya.  

Hildi menjelaskan, Kayong Utara terletak di Selatan Kota Pontianak dan berada di utara Kota Ketapang di Kalimantan Barat.   Ada dua cara untuk bisa menuju ke Kayong Utara. Pertama, melalui Pontianak, kemudian terbang 30 menit ke Ketapang dan melanjutkan perjalanan darat 1,5 jam untuk tiba di Kayong Utara.  

Cara kedua, dari Bandara Supadio, Pontianak bisa menuju Kayong Utara melalui Kubu Raya dengan menggunakan perahu selama 2,5 jam perjalanan.   "Untuk fasilitas, meski kapasitas perhotelan belum banyak, di wilayah kami sudah ada hotel bintang tiga dan hotel-hotel melati. Sisanya masih didukung oleh Kabupaten Ketapang," tuturnya.  

Lebih lanjut, Hildi mengatakan khusus untuk kegiatan puncak Sail Selat Karimata 2016, pemerintah kabupaten telah mendapat konfirmasi kiriman kapal hotel oleh PT Pelni dan dukungan penginapan rumah dari masyarakat setempat.  

"Sebagai tuan rumah acara puncak, kami berharap para duta besar, dunia usaha dan pelaku usaha dapat mempromosikan potensi bahari di Selat Karimata ini. Bagi pemerintah provinsi, sail ini bisa jadi skema percepatan pembangunan daerah dan semangat budaya maritim bangsa," ujarnya, berharap.
 

Hildi mengatakan Kayong Utara merupakan daerah pesisir pantai dengan panorama indah yang daratannya didominasi oleh taman nasional dan hutan lindung.   Adapun Kota Sukadana, dulunya merupakan pusat kerajaan pertama di Kalimantan Barat.  

"Makanya Kayong Utara ini sangat kaya akan nilai budaya, juga berpanorama indah. Dari keunikan tersebut, kami yakin akan bisa memberikan kenyamanan dan kenangan kepada pengunjung yang datang ke acara puncak Sail Selat Karimata 2016," tutupnya. (ant/bob/sut)