Ahok Tersangka, Ini Kata Joko Widodo

Nasional

Editor Soetana hasby Dibaca : 648

Ahok Tersangka, Ini Kata Joko Widodo
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (SP/NET)
JAKARTA, SP – Bareskrim Polri, Rabu (16/11), menetapkan Gubernur Nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tersangka penghinaan terhadap agama, Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman 5 tahun penjara.

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Ahok tidak ditahan. Mabes Polri tidak melakukan penahanan,  Ahok hanya dicegah ke luar negeri. Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menegaskan status tersangka Ahok sesuai dengan proses hukum.  

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkah hukum yang dilakukan Polri. Menurut Juru Bicara Presiden Jokowi, Budi Johan, presiden menilai proses hukum berjalan adil dan transparan.

 “Apa yang dilakukan Polri sudah memenuhi kaidah-kaidah , transparan, adil dan profesional," ujar Johan. Presiden Jokowi, kata Johan, meminta masyarakat menghormati proses hukum yang sedang dan akan dilakukan Kepolisian, dan masyarakat dapat mengawasi proses hukum Ahok.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla  meminta Ahok menjalani proses hukum. “Ahok sudah berjanji akan menjalani. Ini kan masih tersangka, belum tentu terbukti," ujar Kalla.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan meminta masyakarat tidak unjuk rasa pada 25 November mendatang. “Info di Medsos soal tanggal 25 November akan ada demo. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak unjuk rasa," kata Iriawan. (has/bbs)