Terapkan Prinsip Bersih, 48.269 Calon Bintara Polri Jalani Tes Psikologi

Nasional

Editor Admin Dibaca : 700

Terapkan Prinsip Bersih, 48.269 Calon Bintara Polri Jalani Tes Psikologi
TES PSIKOLOGI - Sebanyak 48.269 calon Bintara Polri di seluruh Indonesia jalani tes psikologi, Hari ini, Sabtu (13/5). (Dok SDM Mabes Polri /SP)
JAKARTA, SP - Sebanyak 48.269 calon Bintara Polri mengikuti tes psikologi yang digelar di masing-masing Polda seluruh Indonesia, Sabtu (13/5).

Tes psikologi merupakan tahapan ketiga setelah pemeriksaan administrasi awal dan pemeriksaan kesehatan tahap satu. 

Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen Pol Arief Sulistyanto menjamin, rangkaian proses penerimaan anggota Polri dilaksanakan dengan prinsip clean and clear tanpa ada Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Menurut dia, tahapan seleksi yang bersih dan akuntabel merupakan salah satu tolok ukur reformasi internal Polri. 

"Tes psikologi dilaksanakan dengan pengawasan ketat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang hasilnya langsung diumumkan agar tidak ada celah dan menghindari dugaan-dugaan penyimpangan," kata Arief. 

Mantan Kapolda Kalbar ini menjelaskan, tes psikologi merupakan materi tes untuk menggali kondisi pribadi individual yang tidak kasat mata.

"Tes ini dinilai cukup penting, terutama dalam memilih calon yang berkualitas dari aspek psikis dan ketahanan mental," tuturnya. 

Dia berharap, proses seleksi penerimaan anggota Polri tahun bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Hal itu demi pembenahan sumber daya kepolisian di masa yang akan datang. 

"Tentunya kita semua berharap, anggota Polri ke depan lebih profesional," tutupnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam waktu yang bersamaan, seluruh Polda di Indonesia juga melaksanakan tes psikologi terhadap 5.528 calon Tamtama Polri. (ang)