Presiden Bertemu SBY di Istana Merdeka

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 327

Presiden Bertemu SBY di Istana Merdeka
SBY KE ISTANA - Presiden Joko Widodo bertemu SBY di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (27/10). Topik pertemuan salah satunya terkait UU Ormas. (Ist)
JAKARTA, SP - Presiden Joko Widodo bertemu Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (27/10).

SBY tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 14.00 WIB langsung disambut Menteri Sekretaris Negara Pratikno di tangga samping Istana Merdeka. Mensesneg langsung mendampingi SBY masuk Istana Merdeka untuk bertemu di Presiden Jokowi.

Presiden dan SBY langsung "ngobrol" santai di beranda belakang Istana Merdeka. SBY sebelumnya tiba di Istana Merdeka. Jokowi dan SBY sempat berbincang sekitar 10 menit di beranda Istana Merdeka. 

Jokowi menyuguhi SBY dengan lemper dan teh di beranda. Setelah itu, Jokowi mengajak SBY berbincang di ruang kerja. Jokowi dan SBY sebelumnya juga pernah melakukan pertemuan pada 9 Maret 2017 untuk makan siang bersama. Pada peringatan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017, SBY juga hadir ke Istana.

Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan itu adalah terkait pengesahan Perppu Ormas menjadi UU Ormas.

Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan keduanya akan membahas banyak persoalan bangsa, termasuk UU Ormas yang baru saja disahkan. "Banyak persoalan yang akan dibahhas. Salah satunya mungkin juga UU Ormas," ujar Syarief.

Syarief menyebut terkait UU Ormas, pembahasan akan berkisar soal desakan Partai Demokrat untuk merevisi undang-undang tersebut. Dalam sidang paripurna kemarin, Demokrat memang menyetujui UU Ormas namun dengan syarat revisi setelah disahkan. 

"Sikap Demokrat kan jelas. Ini kan demi kepentingan rakyat juga demokrasi kita. Dan saya pikir pemerintah juga sudah mengisyaratkan akan berjanji melakukan revisi. Jadi saya pikir baguslah (dengan pertemuan ini)," tuturnya.

Selain itu, Partai Demokrat juga menyambut baik pertemuan antara Jokowi dan SBY. Silaturahmi, kata dia, memang harus terus dilanjutkan demi kepentingan dan mencegah kegaduhan politik.

"Lebih sering kan lebih bagus. Ini bagus silaturahmi. Kan memang ada komitmen akan selalu ketemu, ada kesepakatan untuk sering ketemu. Jadi bagus dong," ujarnya. (ant/det/kum/lis) 

Komentar