Kanada Selesaikan Perselisihan Pembagian Pajak Ganja

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 598

Kanada Selesaikan Perselisihan Pembagian Pajak Ganja
Ilustrasi. Net
OTTAWA, SP - Pemerintah Kanada dan sepuluh provinsi di negara tersebut menyelesaikan perselisihannya tentang bagaimana membagi pendapatan dari pajak federal yang diusulkan untuk penjualan ganja, setelah narkotika dilegalkan pada Juli mendatang, demikian Menteri Keuangan Bill Morneau, kemarin.

Morneau mengatakan kepada wartawan bahwa untuk dua tahun pertama, 75 persen dana akan dialihkan ke provinsi dan 25 persen ke Ottawa.

Perdana Menteri dari Partai Liberal Justin Trudeau berencana mengizinkan ganja rekreasi secara nasional pada Juli 2018, yang akan membuat Kanada menjadi negara dari Kelompok Tujuh Negara yang pertama yang melakukannya.

Trudeau mengatakan legalisasi diperlukan untuk mencegah narkotika tersebut dari tangan pengguna di bawah umur dan mengurangi kejahatan terkait narkotika.

Pemerintah federal pada awalnya mengusulkan pembagian pendapatan 50-50, yang ditolak oleh provinsi karena alasan tersebut tidak cukup untuk membantu menutupi biaya tambahan untuk menegakkan peraturan baru begitu mulai berlaku.

Morneau mengatakan bahwa dia dan rekan-rekan provinsinya juga setuju mematuhi usulan Ottawa untuk mendapatkan pajak atas semua produk ganja dengan harga 1 dolar Kanada per gram, atau 10 persen dari harga eceran, yang mana harga tersebut lebih tinggi.

"Harapan kami adalah dengan menjaga harga tetap rendah, kita akan dapat menyingkirkan pasar gelap. Namun, itu akan terjadi seiring berjalannya waktu," ujar Morneau.

Tanggung jawab untuk mendirikan jaringan toko yang benar-benar menjual narkotika terletak pada provinsi-provinsi tersebut, yang bersama beberapa pejabat kepolisian telah mengeluhkan bahwa Ottawa bergerak terlalu cepat menuju legalisasi dan tidak memperhitungkan biaya tambahan.

Morneau mengatakan bahwa penerimaan pajak tambahan akan memungkinkan provinsi-provinsi tersebut membantu memenuhi biaya kotamadya yang berurusan dengan perdagangan ganja setiap harinya.

Dia memperkirakan pajak akan meningkat sekitar 400 juta dolar Kanada per tahun untuk dua tahun pertama, pada titik Ottawa dan provinsi akan bertemu untuk menilai kembali prakarsa tersebut.

Penghasilan federal akan dibatasi sebesar 100 juta dolar Kanada per tahun, dengan pendapatan melebihi jumlah tersebut masuk ke provinsi-provinsi. Menteri Keuangan Ontario, provinsi berpenduduk paling padat di Kanada, mengatakan bahwa dia sangat senang dengan bagian kesepakatan tersebut.

"Jika terdapat lonjakan di pasar perdagangan, kita bisa mengakomodasinya lebih efektif," ujar Charles Sousa.

Morneau berbicara setelah pertemuan dua hari dengan rekan-rekan dari beberapa provinsi tersebut, serta tiga wilayah utara Kanada berpenduduk sedikit, yang juga menyetujui pembagian pendapatan. (ant/lis)