Ekonom: Tahun Politik Berdampak Positif Bagi Ekonomi

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 223

Ekonom: Tahun Politik Berdampak Positif Bagi Ekonomi
Ilustrasi. Net
SOLO, SP - Ekonom dari Universitas Diponegoro (Undip) Nugroho SBM menyatakan tahun politik berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dalam negeri mengingat tingkat belanja pemerintah yang makin besar.

"Lebih ke dampak positifnya daripada negatif, jadi dampaknya ke pertumbuhan ekonominya lebih besar dibandingkan inflasi," katanya di Solo, Minggu (25/2).

Ia mengatakan, melihat tahun-tahun politik yang sudah berlalu, momentum tersebut memberikan kontribusi cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi, yaitu di kisaran 1 persen.

"Kalau inflasi itu kan kebanyakan dipengaruhi oleh makanan dan minuman," katanya.

Bahkan, dikatakannya, pengaruh tahun politik terhadap perekonomian sudah terasa sejak awal tahun di mana banyak partai politik yang melakukan deklarasi dan iklan di media massa.

"Kalau saat deklarasi kan biasanya melibatkan banyak orang, di situlah tingkat belanja mulai terasa," katanya.

Sementara itu, pihaknya berharap masyarakat makin dewasa dalam menyambut tahun politik kali ini.

"Dengan demikian kerusuhan bisa diminimalkan dan tidak memberikan dampak negatif bagi ekonomi," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta Bandoe Widiarto mememperkirakan momentum pemulihan perekonomian Indonesia pada tahun 2018 akan terus berlanjut.

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi diproyeksikan akan berada pada rentang 5,1-5,5 persen dengan permintaan domestik sebagai motor utamanya.

"Termasuk tingkat belanja pada tahun politik diharapkan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di tahun ini," katanya. (ant/lis)