Mahathir Akan Dilantik Jadi PM Malaysia

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 763

Mahathir Akan Dilantik Jadi PM Malaysia
MENANG PEMILU - Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad memenangkan Pemilu Malaysia 2018. (Foto: AFP)
KUALALUMPUR, SP - Mahathir Mohamad akan dilantik menjadi pemimpin tertua terpilih di dunia pada Kamis setelah aliansi oposisinya menang mengejutkan dalam pemilihan umum, mengakhiri enam dasawarsa pemerintahan koalisi yang pernah dipimpinnya.

Warga Malaysia merayakan kemenangan bersejarah pria berusia 92 tahun tersebut, atas Perdana Menteri Najib Razak, yang ketenarannya jatuh karena peningkatan biaya hidup dan berada di tengah skandal korupsi miliaran dolar di 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Mahathir memimpin negara Asia Tenggara itu selama 22 tahun, dan kembalinya secara tidak terperkirakan menjadi perdana menteri mengakhiri pemerintahan Barisan Nasional (BN), yang sebelumnya tidak tergoyahkan, yang memerintah Malaysia sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1957.

"Kami tidak membalas dendam. Yang kami inginkan adalah memulihkan hukum," kata Mahathir tentang pemerintahan Najib, yang diliputi skandal.

Raja akan menandatangani surat pengangkatannya sebagai perdana menteri monarki konstitusional Malaysia selama upacara di istana kerajaan di ibu kota, Kuala Lumpur.

Mata uang Malaysia melemah dalam perdagangan luar negeri pada Kamis, dengan ringgit satu bulan yang tidak dapat diturunkan jatuh pada 1,7 persen. IShares MSCI Malaysia ETF yang diperdagangkan di Amerika Serikat turun enam persen.

Pasar saham nasional akan ditutup pada Kamis dan Jumat setelah Mahathir mengumumkan hari libur umum, tetapi mata uang ringgit melemah dalam perdagangan luar negeri.

Aliansi Mahathir, yang mengandalkan suara perkotaan dan dukungan dari minoritas etnis China dan masyarakat India, berharap pemimpin Melayu veteran itu akan menang atas pemilih yang biasanya setia kepada BN. Strategi itu tampaknya telah membuahkan hasil.

Hasil resmi menunjukkan bahwa Pakatan Harapan Mahathir (Aliansi Harapan) memenangkan 113 kursi dari 222 kursi di parlemen, meraih mayoritas sederhana yang diperlukan untuk memerintah. Koalisi BN Najib hanya mendapatkan 79 kursi.

Mahathir pernah menjadi mentor Najib, tetapi mereka bentrok setelah perbedaan mengenai skandal korupsi 1MDB, di mana miliaran dolar diduga tersedot ke luar negeri.

Skandal ini sedang diselidiki oleh setidaknya enam negara, meskipun Jaksa Agung Malaysia membersihkan Najib dari kesalahan apa pun. Mahathir berjanji untuk menyelidiki skandal itu jika terpilih dan untuk membawa dananya kembali ke Malaysia.

Ditanya pada Kamis jika Najib akan dituntut, Mahathir mengatakan, "Jika ada yang melanggar hukum, dan itu termasuk seorang wartawan, mereka akan dibawa ke hadapan pengadilan." 

Mahathir kini harus mengurus perselisihan aliansi dari empat partai dan membuat jalan bagi pemimpin oposisi yang dipenjarakan, Anwar Ibrahim, untuk menjadi perdana menteri berikutnya, mantan anak didiknya yang lain yang dulunya berpisah sengit sebelum bersatu kembali untuk menggulingkan Najib.

"Saya harus mengatur diri menjadi presiden dari empat partai berbeda. Ini akan menjadi persoalan," kata Mahathir kepada wartawan. 

Perdana menteri terpilih Malaysia, Mahathir Mohamad, berjanji akan meminta pengampunan untuk pejuang reformasi mantan musuh bebuyutannya, Anwar Ibrahim, agar dapat kembali terjun ke dunia politik dan mengambil alih jabatannya kelak.

"Kami sepakat bahwa hal pertama yang akan kami lakukan adalah meminta bukan hanya pembebasannya, tapi juga pengampunan raja agar dia bisa ambil bagian dalam politik," ujar Mahathir.

Permintaan pengampunan ini pasti akan dilakukan sesuai dengan perjanjian dengan Pakatan Harapan, koalisi yang mengusungnya sebagai calon perdana menteri dalam pemilu Malaysia, Rabu (9/5).

Dalam perjanjian itu, Pakatan Harapan sepakat jika memenangkan pemilihan umum, Mahathir akan ditunjuk sebagai perdana menteri interim yang bakal menyerahkan takhtanya kepada Anwar setelah pendiri koalisi oposisi itu bebas dari tahanan. 

Anwar dibui oleh rezim Najib Razak atas kasus sodomi, tuduhan sarat politik yang juga pernah digunakan oleh Mahathir untuk membungkam Anwar saat ia berkuasa satu dekade silam. Ia akan bebas pada Juni ini. 

Namun, dalam konstitusi Malaysia, seorang narapidana dilarang berpolitik dalam jangka waktu lima tahun setelah dibebaskan, kecuali mendapatkan pengampunan dari Yang Dipertuan Agong. (ant/cnn/lis)