OSO: Caleg Partai Hanura 85 Persen Anak Muda

Nasional

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 1390

OSO: Caleg Partai Hanura 85 Persen Anak Muda
CALEG PEMUDA – Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta (OSO) saat diwawancarai wartawan beberapa waktu lalu. OSO menyebutkan, 85 persen Caleg dari partainya adalah anak muda. (Net)
JAKARTA, SP – Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta atau OSO mengatakan, bahwa 85 persen calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari partainya adalah anak muda.
 
"Kira-kira 85 persen anak muda. Mayoritas orang baru," ujarnya, setelah mendaftarkan Caleg Partai Hanura di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa (17/7).

OSO mengemukakan, jumlah caleg DPR RI dari Partai Hanura berjumlah lebih dari 575 orang berasal dari 80 daerah pemilihan dan telah mewakili keterwakilan perempuan 30 persen.

"Yang jelas, banyak anak muda, orang daerah, baru-baru, bersih semua lagi. Pokoknya semua dapil penuh caleg kita," ujar OSO.

KPU RI membuka pendaftaran hari terakhir calon anggota legislatif DPR RI pada Selasa ini hingga pukul 24.00 WIB, dan sebanyak 15 partai dijadwalkan mendaftarkan calegnya.

Semeentara itu, meski mengaku tak hafal anggota DPR dari partainya yang memutuskan maju kembali dalam Pileg 2019, tapi OSO berharap, siapa pun anggota DPR yang maju kembali, merupakan orang-orang yang baik dan amanah kepada rakyat nantinya. 

"Ya, yang brengsek-brengsek enggak usah maju lah," ujarnya.

OSO mengatakan, seluruh Caleg dari Hanura harus merakyat. Hal itu menjadi strategi Hanura untuk mengambil hati rakyat dalam Pemilu 2019. OSO juga meminta agar para caleg Hanura sungguh-sungguh membawa semangat dan aspirasi daerah pemilihannya masing-masing. 

Soal jumlah, OSO memastikan kuota 575 Caleg sudah terisi. Seluruh Caleg tersebut berasal dari 80 daerah pemilihan. Hanura memilki target minimal lima besar perolehan kursi DPR periode 2019-2024. Target tersebut lebih besar dari perolehan kursi Parlemen 2014. 

Pada Pemilu 2014, Hanura berada di urutan ke 10 dengan 6.579.498 suara atau 5,26 persen. Sementara di DPR, Hanura hanya mendapatkan 16 kursi dari total 560 kursi. (ant/kps/and)