BNPB Siapkan 1.000 Kantong Mayat Tangani Korban Gempa

Nasional

Editor Angga Haksoro Dibaca : 454

BNPB Siapkan 1.000 Kantong Mayat Tangani Korban Gempa
Jakarta, SP – Bantuan bahan makanan, obat-obatan dan BBM untuk korban gempa dan tsunami di Donggala-Palu mulai berdatangan. Sebagian jenazah korban gempa sudah dimakamkan di TPU Paboya, Palu.  

Melalui akun twitter nya, Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, RS Undata Kota Palu menangani 211 jenasah korban gempa.    

“Sebagian korban sudah dimakamkan massal di TPU Paboya dan diambil keluarga. Korban diidentifikasi sebelum dimakamkan,” kata Sutopo, Rabu (3/10).  

Menurut Sutopo, pemerintah menyiapkan 15 truk dan 1.000 kantong mayat untuk pemakaman massal bagi korban.  

Pagi tadi Presiden Joko Widodo berangkat kembali ke Palu untuk memastikan komitmen dan gerak cepat pemerintah dalam menangani bencana gempa di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong.  

“Yang paling penting itu adalah penanganannya yang cepat. Segera menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan,” kata Presiden Joko Widodo.  

Presiden memberikan 4 arahan terakit penanganan gempa Palu yaitu  evakuasi dan pencarian korban, pelayanan medis, pemenuhan kebutuhan dasar, dan perbaikan infrastruktur. Prediden Joko Widodo menginstruksikan perbaikan segera fasilitas vital seperti bandara, jalan, kelistrikan, dan penyedian bahan bakar. (*)