Selasa, 12 November 2019


Capek Dibohongi Medsos, Yuk Pasang Aplikasi Anti Hoax

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 255
Capek Dibohongi Medsos, Yuk Pasang Aplikasi Anti Hoax

cnnindonesia.com

Jakarta, SP - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengembangkan teknologi pemeriksa berita hoax di aplikasi percakapan seperti WhatsApp dan Facebook Mesenger.

Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho menjelaskan teknologi ini akan menjembantani situs CekFakta dan TurnBackHoaxID dengan aplikasi percakapan. CekFakta dan TurnBackHoaxID adalah kumpulan informasi berbasis data untuk mengklarifikasi berita hoaks yang tersebar di aplikasi percakapan.

“Jadi harapan ke depan ketika suatu grup diskusi, itu dia tersambung dengan data base kami, ketika ada postingan terkait hoaks itu bisa dijawab dengan sistem. Sehingga masyarakat bisa langsung diperingatkan secara sistem kalau informasi itu adalah hoax," kata Septiaji seperti dikutip cnnidonesia.com, Selasa (16/10).
  Teknologi ini akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang bisa langsung menentukan berita hoax yang tersebar di aplikasi percakapan.

Septiaji mengatakan saat ini teknologi masih dalam tahap uji coba. Dia  mengatakan teknologi ini dinamakan Whatasapp Hoaks Buster. Ke depannya teknologi ini akan menjadi semakin otomatis dalam penelusuran mendalam untuk menganalisis struktur kata dalam berita hoax.

"Saat ini dalam tahap testing secara sistem sudah bisa dilakukan , kita bisa kirim konten ke sistem kami melalui WA. Nanti akan ada jawaban dari sistem itu secara otomatis, jadi bukan manusia yang jawab,” kata Septiaji. (*)