Sabtu, 07 Desember 2019


Pipa Gas PGN Meledak, 3 Orang Luka Bakar

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 441
Pipa Gas PGN Meledak, 3 Orang Luka Bakar

detik.com

Surabaya, SP  - Pipa gas milik Perusahaan Gas Negara meledak di sungai Jalan Ngagel Madya V, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Pipa meledak setelah terkena backhoe saat melakukan pengerukan sungai.


Tiga orang mengalami luka bakar di tangan akibat ledakan pipa. Mereka adalah pemilik warung di sekitar lokasi dan dua orang pembelinya. Para korban langsung dilarikan ke rumah sakit.  

Sekitar 20 menit api yang menyembur dari pipa PGN di Madya V, Kecamatan Gubeng, berhasil dipadamkan.  

Kapolsek Gubeng Kompol Sudarto mengatakan, selain petugas pemadam kebakaran, pihaknya juga melaporkan insiden tersebut ke PGN. Sehingga potensi ledakan dan kebakaran lebih besar dapat dicegah.

“Api dapat dipadamkan sekitar 20 menit. Sedangkan dari PGN, kran pipa gas langsung dimatikan agar tidak lebih meluas,” kata Kapolsek Gubeng, Kompol Sudarto, Jumat (26/10).  

Usai kejadian, satu regu Satpol PP Kecamatan Gubeng juga diturunkan. Mereka langsung membongkar dan mengevakuasi barang-barang yang ada di warung. “Kami evakuasi karena tepat di bawahnya ada jalur pipa gas yang dikhawatirkan akan terbakar lagi,” kata Kepala Satpol PP, Mujoko kepada detik.com.

Dari pantauan detikcom di lokasi, petugas dari PGN masih berada di lokasi ledakan. Di lokasi juga telah dipasang garis peringatan “Awas Pipa Gas”.  

“Kita akan lakukan perbaikan pipa yang terbakar. Nanti kita gali dan ganti pipa yang bocor,” kata petugas PGN, Agung Gede.

Warga dikejutkan suara ledakan di sekitar sungai kawasan Ngagel Madya, sekitar pukul 08.30 WIB. Ledakan itu juga mengeluarkan api. Rupanya, ledakan itu bersumber dari pipa PGN yang terkena backhoe saat melakukan pengerukan sungai. (*)