Kamis, 24 Oktober 2019


3 Teknisi Bobol ATM BCA Rp 5,1 Miliar

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 463
3 Teknisi Bobol ATM BCA Rp 5,1 Miliar

Foto: RMOL

Bandar Lampung, SP - Polda Lampung menangkap 3 teknisi mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BCA. Komplotan ini mengutil uang hingga Rp 5,1 miliar dari 10 ATM BCA di Kota Bandar Lampung.  

Kepala Subdit III Jantanras Ditreskrimum Polda Lampung, Ajun Komisaris Besar Ruli Andi Yunianto, mengatakan pembobolan ATM yang dilakukan komplotan ini terbilang rapi. Mereka tidak merusak mesin-mesin ATM.

Mereka hanya menguntil uang dari berankas ATM yang memiliki fasilitas elektronic banking centre (EBC). ATM yang digarap komplotan ini jenis CRM (cash recycler machine) atau  ATM yang setor dan tarik tunai.

Ajun Komisaris Besaar Ruli Andi mengungkapkan, komplotan ini beraksi sejak 7 September 2018 di kawasan Jalan Raden Intan, Bandar Lampung. Para pelaku sudah memegang kunci dan PIN (personal identification number) untuk membuka ATM tersebut karena mereka karyawan PT G4S Cash Service cabang Lampung yang bermitra dengan BCA.

Adapun tiga tersangka yang ditangkap Tim Sub Direktorat III Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung adalah K (30 tahun), RG (29 tahun), serta FI alias Ewok (31 tahun).

Sedangkan satu lagi, tersangka berinisial G yang menjadi otak komplotan masih diburu Ditreskrimum Polda Lampung. (*)