Kamis, 19 September 2019


Basarnas Tentukan Koordinat Dugaan Kuat Lion Air JT 610

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 363
Basarnas Tentukan Koordinat Dugaan Kuat Lion Air JT 610

Puing Lion Air JT 610

Jakarta, SP - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, keberadaan badan pesawat sudah menemui titik terang.

“Pagi ini saya mendapat penjelasan dari Kabasarnas tentang titik terang adanya dugaan kuat bagian dari fuselage (bodi pesawat) 610 itu sudah ditentukan koordinatnya, tapi belum diyakinkan itu bagian fisik dari 610,” kata Hadi di dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Rabu (31/10).

Untuk itulah, lanjut Panglima TNI, pencarian difokuskan pada titik tersebut dengan mengerahkan KRI Ribel dan Geo Survey. Hadi menjelaskan, KRI Ribel ini memililki kemampuan aerobic.

“Termasuk juga kapal-kapal hidros, kemudian kapal memiliki multibeam echosounder. Basarnas juga menggelar kapal-kapal yang memiliki kemampuan sama mencari target di bawah permukaan,” ujar Marsekal Hadi Tjahjanto seperti ditulis rmol.co.

Panglima TNI tidak merinci jarak titik yang diduga lokasi badan pesawat. Namun ia memastikan tidak jauh dari lokasi pesawat hilang kontak.

“Dari paparan Kabasarnas tidak jauh. Jadi diduga kuat itu fuselage yang kita cari karena kemungkinan besar korban masih ada disitu,” tambahnya. “Saat ini saya dengan Kabasarnas, Pangarmada I untuk melaksanakan peninjauan langsung di lapangan. Mudah-mudahan itu benar bagian dari body pesawat yang kita cari,” katanya.

Otoritas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) pagi tadi juga menyebutkan menemukan kiriman sinyal lemah tak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat. Namun belum dapat dipastikan apakah sinyal tersebut berasal dari kotak hitam Lion Air JT 610. (*)