Senin, 23 September 2019


‘Kotak Hitam’ Lion Air JT 610 Ditemukan

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 405
‘Kotak Hitam’ Lion Air JT 610 Ditemukan

Jakarta, SP - Black box Lion Air JT 610 ditemukan utuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Black box diangkat oleh penyelam Angkatan Laut ke Kapal Baruna Jaya I BPPT.

"Kondisinya utuh. Itu di kedalaman 30 meter," kata penyelam Sersan Satu Hendra kepada detik.com di Kapal Baruna Jaya I BPPT, Kamis (1/11).

Pencarian black box diintensifkan setelah sinyalnya tertangkap alat khusus yang dibawa Baruna Jaya I. Area pencarian diperkecil di koordinat sinyal tertangkap transponder USBL.

Sertu Hendra menyebut arus bawah laut cukup kencang. Kapal Baruna Jaya I harus memasang jangkar agar pergerakan ROV, alat pendeteksi dasar laut bisa leluasa melakukan visualisasi.

Pada pencarian Rabu (31/10), di dasar laut, lokasi penyisiran koordinat sinyal black box, ditemukan sejumlah properti pesawat Lion Air, termasuk barang-barang diduga milik para penumpang.

“Termasuk majalah dan ketika didekatkan ROV itu majalahnya terbuka. Artinya, majalah itu baru saja berada di tempat itu, jadi majalah, baju, banyak tercecer di dasar laut. Saya yakin dengan kondisi seperti itu, bodi pesawat ada di sekitar itu,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang ikut memantau pencarian di Baruna Jaya I kemarin. (*)