Presiden Jokowi Buka Rakor HKTI di Istana Negara

Nasional

Editor Admin Dibaca : 152

Presiden Jokowi Buka Rakor HKTI di Istana Negara
RAKOR HKTI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan rapat koordinasi dan diskusi nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/3).
JAKARTA, SP - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan rapat koordinasi dan diskusi nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tahun 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/3).    

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara memaparkan bagaimana pencapaian program reforma agraria dan dana desa.    

"Memang dalam pembangunan 4,5 tahun ini kita memang masih konsentrasi dan fokus pada pembangunan infrastruktur baik di desa, berupa jalan produksi menuju kebun menuju ke sawah dengan anggaran dana desa," kata Jokowi.    

Menurut Jokowi, jalur-jalur logistik yang dibangun meliputi tol, pelabuhan, bandara guna mendekatkan produsen ke konsumen, dan dari produsen ke pasar.    

Ia melanjutkan bahwa reforma agraria yang dilakukan pemerintah tidak bisa diwujudkan secara instan. Menurut dia, swasembada pangan bisa lebih mudah dilakukan bila pembangunan infrastruktur mendukung hasil pertanian.    

"Jadi kalau orang menginginkan langsung bisa swasembada, langsung ketahanan pangan kita meloncat baik, kedaulatan pangan biasa sehari dua hari balik tangan jadi, itu tidak akan mungkin. Perlu proses. Jadi perlu tahapan tahapan," tandasnya. (okz)