Jokowi Minta Pendukung jangan Kasih 'Kendor'

Nasional

Editor elgiants Dibaca : 97

Jokowi Minta Pendukung jangan Kasih 'Kendor'
Kemeriahan Karnaval Indonesia Satu
Capres 01 Jokowi berkampanye di Tangerang. Dalam pidato politiknya, Jokowi meminta pendukungnya terus bekerja demi kemenangan di Pilpres 2019.

Jokowi, bersama Ma'ruf Amin, memulai kampanyenya dengan karnaval naik kereta kuda dari Alun-Alun Ahmad Yani ke Pendopo Wali Kota, Tangerang, Minggu (7/4). Ada marching band yang mengiringi kereta kuda Jokowi.

Di kawasan Pendopo Wali Kota, Jokowi naik panggung kampanye yang sudah disiapkan. Sebelumnya di panggung itu ada Wahyu Selow dan Band Radja yang menghangatkan panggung.

"Inilah yang dinamakan pesta demokrasi. Pesta itu harus senang, pesta itu harus gembira. Jangan sampai dengan ada pesta demokrasi diciptakan ketakutan-ketakutan, pesta kegembiraan justru marah-marah," kata Jokowi.

"Siapa yang setuju pesta demokrasi diisi dengan kegembiraan tunjuk jari!" imbuh Jokowi.

Pendukung-pendukungnya serentak mengangkat jempol. Jokowi lalu meminta relawan mengangkat sapu yang sudah disiapkan. Sapu itu sebagai simbol untuk menyapu hoax dan korupsi.

"Tinggal 10 hari lagi, jangan kasih kendor!" kata Jokowi disambut riuh pendukungnya. 
Dalam kampanyenya, Jokowi memaparkan program-programnya. Dia berbicara soal tiga kartu saktinya, yaitu KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako Murah. 

"Tiga kartu ini akan keluar masih tahun depan, karena tahun ini dianggarkan dulu. Ini program capres. Program Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin, tiga kartu," ucap Jokowi.

Capres petahana itu lantas mencandai pendukungnya jika ada yang tidak setuju dengan program tersebut. 
"Yang tidak setuju silakan maju, saya beri hadiah sepeda. Awas kalau ada yang maju," canda Jokowi. 

Pantauan di lapangan di sepanjang Jalan Ahmad Yani, tepatnya dari arah Alun-alun Kota Tangerang menuju ICE BSD Tangerang, Minggu (7/4) siang, masyarakat memenuhi area kampanye tersebut.

Terlihat pula beberapa panggung berada di sepanjang jalan tersebut. Dari atas panggung-panggung tersebut, diputar lagu-lagu untuk menghibur massa. 

Diketahui, acara bertajuk, "Karnaval Indonesia Satu" digelar bersamaan dengan kampanye terbuka Capres, Joko Widodo di pusat Kota Tangerang, Banten. 

Karnaval yang menampilkan keragaman budaya Indonesia dijamin akan memberikan hiburan serta tontotan yang berbeda, sekaligus menebar kegembiraan bagi masyarakat menyambut pemilihan umum pada 17 April mendatang.

 Arak-arakan yang menggambarkan kebhinekaan nusantara itu memulai start dari Alun-Alun Kota Tangerang di Jalan Ahmad Yani dan berakhir di depan Pendopo Walikota, Tangerang. Karnaval sejauh 1,2 km itu diikuti puluhan
kelompok yang terdiri dari marching band, kelompok Tari Topeng Ireng, parade bendera merah putih, Tari Prajuritan, Buto Gedruk, Tari Truntung, Tari Kentrung, Kamiaka, Pesona Nusantara, perkusi, rebana, engrang, barongsai, liong, Tari Betawian, serta cosplay.  

Capres dengan nomor urut 01 itu berada di tengah-tengah arak-arakan untuk bersama masyarakat merayakan optimisme menyambut pesta demokrasi terbesar dalam sejarah di tanah air. 

"Karnaval Indonesia Satu ini merupakan refleksi, sekaligus ungkapan dari para pendukung capres-cawapres, Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk merayakan pesta demokrasi 2019 ini dengan penuh kegembiraan dan rasa suka cita," ucap Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir. (dtk/bob)