Selasa, 17 September 2019


Jokowi Buka Bersama OSO

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 128
Jokowi Buka Bersama OSO

SANTAI – Ketua DPD RI, Oesman Sapta bersama Presiden Jokowi dan sejumlah tokoh lain tampak santai dalam buka puasa bersama di kediaman OSO di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

JAKARTA, SP - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbuka puasa di kediaman Ketua DPD, Oesman Sapta Odang (OSO) di Jalan Karang Asem, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5). Tiba pukul 17.15 WIB, Jokowi ditemani Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh OSO di depan rumahnya. Setelah bersalaman, Ketua Umum Partai Hanura itu langsung mengajak Jokowi masuk. Tak lama setelah Jokowi tiba, acara buka puasa bersama itu dimulai. Diawali dengan pembacaan ayat suci alquran.

Dalam sambutannya, OSO mengatakan ini merupakan buka puasa bersama para pimpinan lembaga negara terakhirnya. Pasalnya, putra Kalbar itu tidak bisa mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPD. Penyebabnya adalah karena OSO tak mau melepas jabatan Ketum Hanura. 

Padahal, Mahkamah Konstitusi tidak membolehkan pengurus partai politik mencalonkan diri sebagai anggota DPD.
"Dan ini hari adalah hari terakhir saya buka puasa bersama DPD lagi. Karena saya sudah diputuskan oleh MK tapi orangnya nggak berani dateng ke sini," cerita OSO.

Keputusan yang dikeluarkan oleh MK ini pun memaksa OSO untuk memilih salah satu antara menjadi anggota DPD namun meninggalkan Hanura, atau tetap bersama Hanura dan mengorbankan pencalonannya di DPD. OSO pun memilih untuk setia kepada Hanura sebab berkhianat adalah sesuatu yang tak mungkin dia lakukan.

"Saya bagaimana bisa berkhianat? Sudah menerima partai. Saya gak bisa. Saya korbankan. Apa boleh buat, tidak perlu. Saya akan tetap di situ (di Hanura)," lanjutnya.

OSO juga berkeluh kesah mengenai tidak adanya tanggapan dari KPU terhadap surat yang telah dikirimkan oleh Bawaslu maupun presiden sekalipun atas upaya meloloskan OSO pada pencalonan DPD Pemilu 2019. Menurutnya, ini bukan lagi urusan antarmanusia melainkan antara KPU dengan Tuhan.

"Sampai ke tingkat presiden sudah menyertai surat tapi juga tidak diopeni oleh KPU. Ya, itu urusan dia dengan Tuhan. Jadi, bukan dengan manusia lagi," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji jadi gubernur yang paling awal datang. Dia sudah terlihat di lokasi sejak pukul 15.00 WIB.

"Saya ke Jakarta dari Pontianak pakai pesawat jam 10 pagi, ada agenda sebenarnya tapi terpaksa saya batalkan untuk menghadiri acara buka bersama dengan Pak OSO dan Presiden, termasuk sejumlah gubernur di Indonesia juga diundang," kata Sutarmidji.

Sejumlah tokoh lain yang hadir di antaranya Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan; Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar; mantan wakil presiden Hamzah Haz; serta anggota Dewan Pengarah BPIP yang juga Ketum PBNU, Said Aqil Siroj. 

Hadir juga Jaksa Agung M Prasetyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sejumlah tokoh Kalbar seperti mantan Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid dan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Garuda Wiko juga hadir. (ant/det/bls)