Kamis, 19 September 2019


Megawati Kembali Komandoi PDI-Perjuangan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 101
Megawati Kembali Komandoi PDI-Perjuangan

JABAT – Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang menjabat tangan Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sesaat sebelum pembukaan Kongres ke-V PDIP di Denpasar, Bali, Kamis (8/8).

BALI, SP - Megawati Soekarnoputri kembali dipilih secara aklamasi oleh pengurus DPD dan DPC se-Indonesia sebagai ketua umum PDI Perjuangan untuk masa periode 2019-2024. Megawati telah kesekian kalinya menjabat sebagai ketua umum sejak PDIP berdiri pada 1999 silam.

"Semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai ketua umum PDIP periode 2019-2024," tutur Megawati dalam Kongres ke-V PDIP di Denpasar, Bali, Kamis (8/8).

Megawati mengatakan seharusnya dia membacakan dulu pertanggungjawaban sebagai ketua umum periode 2014-2019. Akan tetapi, prosesi itu tidak dilakukan lantaran seluruh utusan DPD dan DPC se-Indonesia sudah sepakat memilih dirinya kembali menjabat sebagai ketua umum.

"Ternyata tidak perlu karena seluruh utusan menyatakan diterima secara aklamasi dan diketok," tutur Megawati.

Megawati seolah tidak kaget ketika dirinya kembali diminta memimpin PDIP. Pada Rapat Koordinasi Nasional di Jakarta sebelumnya, kata Mega, 34 DPD provinsi di Indonesia sudah mengusulkan dirinya kembali menjadi ketua umum.
"Usulannya meminta saya kembali sebagai ketum," katanya.

Megawati mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan para kader PDIP. Dia berharap dapat mengemban jabatan sebaik mungkin.

Salah satu yang menarik dalam pembukaan kongres itu adalah kehadiran Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Dia terlihat duduk berdampingan dengan Joko Widodo dan Maruf Amin, pesaingannya di Pilpres 2019. Dalam sambutannya, Megawati pun sempat meningkahi Prabowo dengan kesan ketika Prabowo Subianto memindahkan posko pemenangan ke Jawa Tengah di Pilpres 2019 lalu.

"Ini terus terang, katanya dipindahkan poskonya ke Jateng. Saya udah mikir nih 'gue datengin juga nih si Bowo'," tutur Mega lalu terkekeh.

"Jengkel dong, orang udah tahu itu tempatnya banteng kok," lanjutnya.

Mega mengaku tenang dengan manuver kubu Prabowo itu. Namun meski tenang, dia turun langsung ke Jateng untuk mengonsolidasikan kekuatan. Dia bertemu langsung dengan kader-kader PDIP di Jateng untuk memompa semangat.
"Hai, kalian itu banteng apa udu (bukan)?" tutur Mega saat bertanya kepada kader di Jawa tengah.

"Banteng, Bu," ucap Mega menirukan jawaban para kader.
"Kalau ngono (begitu) berhenti merumput, gosok tanduk kamu," tutur Mega.

Saat itu pula, peserta Kongres PDIP bertepuk tangan dan bersorak. Mereka seolah bangga dengan pencapaian partainya di Pemilu 2019 yang mana didapuk sebagai peraih suara terbanyak, plus memenangkan Pilpres 2019.
"Capek juga, Pak. Situ (Prabowo) sih bikin-bikin capek saya," lanjut Mega lalu terkekeh. (ant/bls)