Kamis, 19 September 2019


Jokowi Sebut Susunan Kabinet Final

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 130
Jokowi Sebut Susunan Kabinet Final

SAMBUTAN - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Rabu (14/8).

JAKARTA, SP – Presiden Joko Widodo menyatakan susunan kabinet periode 2019-2024 telah final. Pengumumannya pun dapat dilakukan sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Oktober mendatang.

"Kabinet bisa diumumkan kapan saja, enggak perlu nunggu Oktober," ujar Jokowi dalam pertemuan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Dia memastikan jumlah kementerian dalam kabinet periode kedua tetap sama dengan periode pertama yakni 34 orang. Hanya saja Jokowi menyebut bakal ada kementerian baru yang merupakan penggabungan dari kementerian sebelumnya.

"Jumlah masih sama, cuma ada beberapa kementerian yang dilebur dan ditambah," ujar Jokowi.

Salah satu kementerian itu, kata Jokowi, adalah Kementerian Investasi. Kementerian ini berkonsentrasi di digital dan kreatif. Selain itu, di periode mendatang Kementerian Luar Negeri juga akan turut terlibat dalam diplomasi di bidang ekonomi.

Susunan menteri ini akan lebih banyak diisi kalangan profesional ketimbang parpol dengan porsi 55:45. Nama-nama menteri dari kalangan parpol disebut Jokowi telah disampaikan pada sembilan parpol pengusungnya di Pilpres 2019 lalu. Mantan wali kota Solo itu mengatakan, susunan kabinet di periode mendatang diharapkan mampu mencapai target yang ditentukan Jokowi. 

"Kabinet yang diharapkan adalah yang bisa kerja cepat, fokus, terukur. Kalau enggak berhasil ya di-reshuffle," ucap Jokowi. 

Dari sisi usia, Jokowi juga membocorkan bahwa nantinya ada menteri yang berusia di bawah 30 tahun.
"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.

Selain menteri dari kalangan generasi muda, Jokowi juga memastikan bakal memberikan porsi menteri perempuan seperti jumlah menteri perempuan yang ada saat ini. 

"Menteri perempuan jumlahnya bisa sama dengan sekarang," katanya. 

Menteri perempuan di kabinet saat ini berjumlah delapan orang yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise.

Sebelumnya jumlah menteri di kabinet Jokowi ada sembilan orang. Namun, Khofifah mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial untuk menjadi Gubernur Jawa Timur. (ant/bls)