Senin, 18 November 2019


Calon Menteri Baru bermunculan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 48
Calon Menteri Baru bermunculan

Grafis Koko

JAKARTA, SP - Setelah resmi dilantik sebagai Presiden Ri 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi langsung menyusun kabinet barunya. Sejumlah nama telah dipanggil ke Istana Kepresidenan.

Orang pertama yang hadir ke Istana adalah Mahfud MD. Berbaju putih dan celana putih, Mahfud datang sekitar pukul 09.33 WIB.

Dia mengaku dipanggil oleh Presiden Jokowi. "Saya dipanggil," ucapnya, Senin (21/10).

Tak lama berselang, Bupati Minahasa Christiany Paruntu merapat ke istana. Dengan baju putih lengan panjang khas baju "dinas" menteri, dia datang sekitar pukul 10.05 WIB.

"Ini memang kerja. Belum tahu belum tahu," katanya saat ditanya.

Tak lama setelah Christiany, giliran Nadiem Makarim merapat ke istana. Bos Gojek ini juga datang dengan baju khas putih dan celana hitam. Nadiem langsung masuk ke Istana begitu tiba.

"Saya dipanggil Presiden," ujarnya singkat.

Mantan bos NET TV Wishnutama menjadi orang keempat yang mendatangi Istana Kepresidenan. Dia datang sekitar pukul 11.09 WIB.

Wishnutama datang dengan baju putih dan celana hitam, khas 'baju dinas' menteri Jokowi. "Semalam saya dihubungi protokol istana untuk datang bertemu presiden hari ini," ujarnya.

Setelah Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta. Erick tiba di Istana pukul 11.11 WIB.

Erick datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam saat datang ke Istana. Namun, dia enggan berkomentar soal pemanggilannya hari ini. "Nanti, nanti," kata dia.

Presiden Jokowi juga memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10). Tito tiba di Istana sekitar pukul 12.10 WIB dengan mengenakan pakaian dinas Polri.

Saat ditanya terkait kedatangannya, Tito menduga untuk membicarakan masalah keamanan. "Dipanggil presiden, tapi saya kira ini mengenai situasi kantibmas. Kemarin pelantikan, pengamanan pelantikan," kata Tito.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto turut dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan. Namun, ia tak menjawab dengan tegas apakah akan kembali akan menduduki jabatan yang sama di Kabinet Kerja jilid II.

Dia malah meminta publik menunggu hingga Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya. "Insyaalah, nanti akan diumumkan hari Rabu besok," ujar Airlangga.

Menteri Sekretaris Negara Kabinet Kerja Jilid I, Pratikno terpantau tiba di Istana Negara Jakarta pukul 14.07 WIB. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini didampingi Nico Harjanto dan M Fadjroel Rachman.

Pratikno bungkam saat ditanya apa yang akan dibahas saat bertemu Jokowi. Dia juga irit bicara soal kesiapan jadi menteri Kabinet Kerja Jilid II. "Sebentar, sebentar," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga diundang Presiden Jokowi ke Istana. Ia tiba di Istana Kepresidenan pukul 16.13 WIB 

Prabowo Subianto menyatakan dua kader parpolnya akan menjadi menteri dalam kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024.

"Yang dipanggil dua (orang), jadi berapa?" kata Prabowo usai bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10).

Prabowo datang menghadap Jokowi bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Namun, Prabowo tak menyebut posisi menteri apa yang akan dijabat kader partai berlambang kepala burung Garuda itu. Ia hanya menyatakan diminta membantu oleh Jokowi di bidang pertahanan.

"Pak Presiden yang akan mengumumkan. Jadi mungkin ada sedikit konfirmasi, tempatnya di mana, tapi intinya adalah beliau sendiri yang akan umumkan mungkin nanti hari Rabu," ujar Prabowo yang notabene adalah rival Jokowi dalam dua Pilpres terakhir.

Prabowo mengaku saat bertamu ke Istana Merdeka itu mendapat pengarahan langsung dari Jokowi. Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu mengaku siap bekerja keras untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan.

Sementara itu, Edhy Prabowo tak berbicara banyak. Ia hanya menyatakan menteri-menteri Jokowi akan diumumkan sang presiden sendiri.

"Nanti Pak Presiden yang akan menyampaikan," kata Edhy yang membawa dua map berwarna putih.

Selama ini nama Edhy Prabowo santer disebut bakal diplot jadi Menteri Pertanian.

Beredar Bocoran

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah menerima menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi dalam berbagai akun media sosial resminya seperti Facebook (Presiden Joko Widodo) dan Instagram (@jokowi).

"Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran ~", tulis Jokowi di akun Instagram @jokowi, kemarin.

Bersamaan dengan itu, Jokowi mengunggah foto telepon tergantung. Kemungkinan makna dari foto itu adalah Jokowi bakal menelepon para calon menterinya.

Pada akun IG itu, Jokowi menyebut susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Jokowi menyatakan akan mengumumkan nama menteri segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober 2019. Menurut Jokowi pengumuman itu bisa dilakukan pada hari yang sama atau setelahnya.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," kata Jokowi.

Menurut Jokowi calon menteri terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi seperti akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Jokowi menyatakan tidak sulit menemukan mereka.

Sebagai gambaran, sejumlah bocoran mengenai nama menteri beredar luas di media sosial. Namun, kebenaran mengenai bocoran itu tidak bisa dipastikan sampai Presiden mengumumkan nama-nama menteri tersebut.

Dilantik Rabu

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengagendakan pelantikan kabinet periode 2019-2024 pada Rabu (23/10). Kabar tersebut diungkap Mahfud usai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (21/10).

"Kalau tidak berubah akan dilantik Rabu. Pagi sudah dilantik," kata Mahfud kepada wartawan usai bertemu Jokowi.

"Saya tidak diberitahu untuk jabatan (menteri) apa," kata Mahfud menegaskan.

Namun demikian, ketika ditanyakan kesiapan, Mahfud menjawab tegas. "Saya nyatakan siap untuk negara," kata pakar hukum tata negara tersebut.

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan akan memperkenalkan lebih dulu menteri-menteri yang akan membantunya pada periode 2019-2024 pada Senin (21/10).

"Nanti dikenalkannya pagi. Pagi akan kita kenalkan, baru setelah itu dilantik," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Periode 2019-2024, di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) sore. (lip/cnn/tmp/bob)