Kopi dan Mahasiswa

Opini

Editor Admin Dibaca : 97

Kopi dan Mahasiswa
Penulis Artikel, Firman
Siapa yang tidak tahu kopi? Dari kalangan di bawah umur sampai di atas umur, pasti sudah mengetahui minuman yang memiliki rasa khas ini.

Kopi merupakan minuman khas masyarakat umum, khususnya juga bagi mahasiswa Indonesia. Kebanyakan mahasiswa yang mengonsumsi kopi adalah mahasiswa yang sering lembur dengan tugas-tugas kuliahnya. Kopilah yang akan menemaninya.    

Kopi dan mahasiswa merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dilihat dari situasi perkuliahan, apa ada kampus yang tidak dikelilingi warung kopi?    

Selain untuk menemani mahasiswa lembur, kopi juga banyak dinikmati para mahasiswa untuk menemani mereka berdiskusi bahkan bersenda gurau.

Tidak sedikit kopi diperdebatkan. Ada yang bilang kopi memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Memang betul kopi dapat menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan, karena kafein yang terkandung dalam kopi tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung.    

Tapi menurut beberapa pendapat ahli kesehatan, seperti dikutip dari artikel di sebuah blog publik “Ngopi” Ala Mahasiswa. kafein juga dapat berdampak positif, seperti mencegah penyakit diabetes dan melindungi gigi.    

Di mana pun tempatnya, yang jelas kopi merupakan kegemaran setiap khalayak, secara khusus mahasiswa. Kopi dinilai dapat menenangi pikiran dan mengistirahatkannya. Intinya, kopi bagaikan kebutuhan primer bagi mahasiswa.

Penulis: Firman, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PAI, IAIN Pontianak

Editor: Bob Soeryadi