Menteri Yasonna Kunjungi Kalbar Selama Tiga Hari

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 1614

Menteri Yasonna Kunjungi Kalbar Selama Tiga Hari
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly ketika berada di Kantor Wilayah Kemenkumham Pontianak, Kalbar, Jumat (4/3) guna meresmikan secara simbolis Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang, Jumat (4/3) pukul 15.30 WIB. (FOTO SUARA PEMRED
PONTIANAK, SP – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly secara simbolis meresmikan Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang di Kantor Wilayah Kemenkumham Pontianak, Kalbar, Jumat (4/3) sore.
 Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang sengaja dibangun guna mempermudah masyarakat Ketapang dan  sekitarnya serta pihak asing yang datang mengunjungi kawasan tersebut.

Mereka dengan mudah dapat mengurus segala administrasi di Kabupaten Ketapang tanpa harus ke Ibu Kota Provinsi Kalbar, Pontianak.
“Imigrasi Pontianak kan jauh dari beberapa daerah, dan mereka juga harus melayani seluruh masyarakat daerah di Kalbar, untuk mempermudah jangkauan,  kita buat Kanwil di Ketapang,” ujar Yasonna.

Selain mempermudah dalam pelayanan untuk masyarakat. Adanya Kanwil iImigrasi Kelas III Ketapang tersebut pihaknya dapat meningkatkan pengawasan atas datangnya warga negara asing ke wilayah kaya akan alam itu.
“Apalagi di Ketapang sudah banyak Warga Negara Asing,” ujarnya Menteri Hukum dan Ham, Yasonna

 Rombongan itu disambut dengan tarian khas Dayak yang kemudian dikalungkan dengan kain khas Dayak. 
Usai meresmikan Kanwil Kelas III Ketapang,  selanjutnya Yasonna akan melanjutkan kunjungan kerjanya selama tiga  hari di Kalbar, sejak Jumat (4/3) hingga Minggu (6/3).

Yasonna memaparkan Kalbar merupakan pulau dengan luas wilayah yang lebih besar satu setengah dibanding pulau Jawa. Dengan luasnya kawasan tersebut pastinya pihaknya berupaya guna mempermudah masyarakat setempat mendapat layanan keimigrasian tanpa harus mengejar ke Ibu Kota Kalbar.

“Tentu secara bertahap kita akan lakukan pembangunan ditempat lain, semua harus disesuaikan denga keadaan dan kondisi keuangannya, kita akan berupaya meringankan masyarakat dalam mengurus paspor dan terkait keimigrasian lainnya,” jelasnya.

Selain meresmikan Kanwil Kelas III Imigrasi Ketapang, Yasonna juga turut hadir menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman? (MoU) antara pihak Kanwil Kemenkumham Kalbar dengan Gubernur Kalimantan Barat, pihak Universitas Tanjungpura, STMIEK, dan Kampus Widya Dharma.  

Kemudian pada hari ini, Sabtu (5/3) pagi, Yasonna dijadwalkan menghadiri Rapat Pimpinan Nasional IKADIN di Hotel Orchad, Jalan Gajah Mada, dilanjutkan dengan meninjau sejumlah lembaga pemasyarakat  di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Hari terakhir, Minggu (6/3/2016), Yasonna dijadwalkan melakukan peninjauan terhadap Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim).   (yoo/ind)