Selasa, 19 November 2019


Pokmas Gelar Penghijauan RTH di Parit Nenas, Pontianak Utara

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1248
Pokmas Gelar Penghijauan RTH di Parit Nenas, Pontianak Utara

- Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Wisata Parit Nenas, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, berfoto bersama usai menggelar penghijauan di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH), Minggu (17/10). (ist)

PONTIANAK, SP – Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pengawasan dan Pengendalian Kawasan Wisata Parit Nenas, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, menggelar penghijauan di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH).  

Koordinator Pokmas, Nur Bambang, Senin (17/10) menjelaskan kegiatan ini digelar Minggu (16/10).  Penghijauan RTH Parit Nenas, bekerjasama dengan Badan Pemuda dan Olah Raga,  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak, pegawai Kecamatan Pontianak Utara dan komunitas Purna Paskibraka Indonesia.
 

Menurut Nur Bambang, kegiatan penanaman kembali pohon pelindung dan peneduh di sepanjang sempadan Sungai Parit Nanas, dalam rangka terciptanya kawasan RTH sesuai tata kota.
  Kegiatan dilakukan untuk mengembalikan fungsi sempadan Sungai Parit Nanas, sebagai zona pelindung sungai dari abrasi dan menjadikan kawasan tersebut sebagai RTH.

  Alasan lokasi penghijauan di Sungai Parit Nenas, lantaran lokasinya eksotis dan ditumbuhi aneka ragam tanaman yang mempunyai akar kuat dan daun yang rindang.   Menyadari pentingnya RTH dalam suatu kawasan, tumbuhan berperan penting sebagai penyaring dan pengikat CO2, zat-zat pencemar polusi udara dan debu, serta sebagai penghasil O2 bagi kehidupan.

 Kemudian sebagai penyerap air dan banyak sekali manfaat lainnya, tentu kegiatan seperti ini mempunyai nilai positif karena berdampak pada kualitas lingkungan yang berakibat langsung kepada warga masyarakat sekitar.  

Pohon-pohon tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Pontianak berjumlah sekitar 450 pohon. Dengan adanya pemanfaatan sempadan sungai sesuai dengan peruntukannya, akan mendukung program jangka panjang pemerintahan Kelurahan Siantan Hulu untuk mewujudkan kawasan Parit Nanas sebagai lokasi wisata parit.

  Diungkapkan Nur Bambang, Pokmas merupakan lembaga yang dibentuk untuk mempermudah koordinasi dan kolaborasi para pemuda dan warga dalam melakukan aksi kegiatan sosial kemasyarakatan.

  “Di antaranya masalah lingkungan dan ruang, karena pada dasarnya setiap warga  menghendaki lingkungan dan ruangnya baik, aman dan nyaman,” ujar Nur Bambang. (aju/*)


  •