Senin, 23 September 2019


Simplisius: Cuma Kebetulan Bersamaan dengan Pilkada 2017

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1885
Simplisius: Cuma Kebetulan Bersamaan dengan Pilkada 2017

TATUNG- Seorang tatung perempuan sedang trance ketika mengikuti pawai Cap Go Meh di Kota Singkawang, Senin (22/2) 2016 lalu. (SP/ Yodi Rismana)

PONTIANAK, SP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat  menegaskan pusat perayaan Cap Go Meh (CGM)  di Kota Singkawang, Sabtu, 12 Februari 2017, sama sekali tidak terkait politik. Pasalnya, CGM merupakan perayaan puncak hari keempat belas setelah Imlek 2669, Sabtu, 28 Januari 2017.

"Cuma secara kebetulan saja, hampir bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Rabu, 15 Februari 2017," kata Simplisius, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar, Kamis (17/11).

Sebagaimana diketahui Kota Singkawang dan Kabupaten Landak termasuk daerah pelakasana Pilkada Serentak 2017 mendatang.

Budayawan Tionghoa Kalimantan Barat, Fransiskus Fuad Asali, mengatakan, menurut penanggalan Tionghoa, tahun baru Imlek 2568 menandai dimulainya tahun ayam.  "Kalender Tionghoa adalah penanggalan yang menggunakan baik perputaran matahari dan perputaran bulan (lunisolar)," kata Asali.  

Bila dihitung berdasarkan kalender masehi, tahun baru Imlek selalu jatuh di antara bulan Januari dan Februari. Tahun 2017 perayaan tahun baru Imlek jatuh pada pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Tahun baru Imlek dirayakan dengan makan malam bersama dengan keluarga, aktivitas membersihkan rumah untuk menyapu bersih "kemalangan" tahun lalu dan menyambut "nasib baik" di tahun yang baru.  


Selain itu perayaan Imlek tidak lepas dengan pemberian angpao atau amplop merah. "Angpao biasanya diberikan oleh yang sudah menikah kepada yang masih belum menikah,” ujar Asali.

Di Indonesia, tahun baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2002 dan mulai dirayakan sejak tahun 2003.
Selain di Indonesia, tahun baru Imlek juga merupakan hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapura, Tiongkok, Thailand dan Vietnam. (aju)