PSDKP: 4 Unit Kapal Asing Curi Ikan di Perairan ZEE, Natuna Ditangkap

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 790

PSDKP:  4 Unit Kapal Asing Curi Ikan di Perairan ZEE, Natuna Ditangkap
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Kementerian Kelautan dan Perikanan  (KKP) Republik Indonesia telah menahan  40 orang warga negara Vietnam dan 4 unit kapal berbendera Malaysia. Mereka diduga mencuri ikan di perairan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) wilayah Indonesia di Laut Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Saat ditangkap seluruh dokumen pendukung tidak dimiliki dan anak buah kapal masuk perairan Indonesia secara tidak sah," kata Erik Tambunan, Kepala Stasiun Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Direktorat Jenderal Pengawasan Kelautan dan Perikanan, KKP Republik Indonesia, Senin (12/12).

Erik mengungkapkan penangkapan bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) dan mereka sudah merapat di Pontianak, Minggu (11/12) petang.

Menurut Erik, 4 unit kapal berbendera Malaysia dan 40 ABK berkebangsaan Vietnam ditangkap Kapal Patroli PSDKP, Hiu Macan 01, pada Kamis (8/12) siang.  Petugas patroli PSDKP dan Bakamla kemudian melakukan pendataan, menginventarisir keempat kapal yang berada di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Cina Selatan.

Dari hasil pemeriksaan lanjut Erik, mereka menangkap ikan dengan  menggunakan 2 alat tangkap pair trawl, 1 alat tangkap trawl dan 1 alat tangkap bubu. 

Keempat kapal tersebut yakni KM. JHF 8918T bobot 70 GT, Nakhkoda Tran Hoang Nhanh, jumlah ABK 4, KM. Suria Timur 11 bobot 90 GT, Nakhkoda Ngo Thanh Phong, jumlah ABK 16, KM. PAF 4457 bobot 85 GT, Nakhkoda Lam Thanh Dien, jumlah ABK 12, dan KM. Suria Timur bobot 105 GT, Nakhkoda Ho Minh Hien, jumlah ABK 4

Sementara itu, pada lokasi yang berbeda, unsur KKP yang juga sedang tergabung dalam Operasi Bakamla RI Penguatan Opsnus IX yaitu KP.Orca 03 yang dinakhkodai oleh Capt. Martin telah menangkap 6 (enam) Kapal Ikan Asing (KIA) diduga bendera Filipina di Perairan Utara Tahuna. 

Keenam KIA tersebut terdiri dari 1 kapal pengumpul, 4 kapal lampu, dan 1 kapal penangkap. Pada saat berita ini diturunkan, barang bukti kapal beserta anak buah kapal sedang digiring dan dikawal menuju Bitung. (aju)

Komentar