Humas: TKBM dan Pelindo Dua Hal Berbeda

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 871

Humas: TKBM dan Pelindo Dua Hal Berbeda
Ilustrasi
PONTIANAK, SP- Kabar sejumlah karyawan Koperasi TKBM unit RD ditangkap polisi dibenarkan oleh Humas Pelindo II Pontianak, Hendra. Hanya saja, untuk lebih jelasnya, pihak Pelindo belum  bisa berkomentar. Alasannya, belum mendapatkan keterangan resmi sehingga tidak memberikan klarifikasi.

“Kalau di pelabuhan kan ramai, bisa dilihat dululah siapa orangnya. Kami sudah koordinasi ke pimpinan, katanya colling down dulu, cek kebenarannya. Tapi kalau TKBM ya bukan kita,” ujarnya pada Suara Pemred, Minggu (18/12).

Meski demikian, Hendra menjelaskan TKBM dan Pelindo adalah dua hal berbeda. TKBM bukan bagian dari BUMN ini meski bekerja di lingkungan pelabuhan. Pelindo memang merupakan pengelola pelabuhan. Sementara TKBM adalah buruh-buruh lepas yang dikoordinasi dalam sebuah koperasi.

“Jadi mereka mewadahi buruh agar tidak bekerja secara luar di pelabuhan. Memang sudah ada aturan tentang itu. TKBM dan Pelindo, sama-sama kerja di pelabuhan, tapi beda organisasi,” sambungnya.

Setidaknya ada 12 unsur yang bekerja di dalam pelabuhan. Mulai dari legulator seperti Balai Karantina, dan KSOP, hingga pengusaha semisal pengusaha angkutan, konteiner dan lain sebagainya.

“Ketika bicara tentang pelabuhan, siapa dulu, ketika ada yang diduga-diduga, semua terjadi di pelabuhan. Memang pemilik aset itu Pelindo, tapi yang bekerja di dalamnya banyak,” tutupnya. (bls/umr/loh)