Alihfungsi Gedung SDN 01 Dipertanyakan Orang Tua Murid

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1020

Alihfungsi Gedung SDN 01 Dipertanyakan Orang Tua Murid
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Pemerintah Kota Pontianak merencanakan mengalihfungsikan gedung Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Selatan, Jalan Letjend Suprapto, menjadi gedung parkir enam lantai.

Guna merealisasikan rencana itu, Pemkot Pontianak memperhitungkan anggaran pembangunan gedung parkir yang mampu menampung 300 kendaraan roda empat dan 1.500 kendaraan roda dua, yakni mencapai Rp 9 miliar.

Rencana Pemerintah mengalihfungsikan gedung SD Negeri 01 itu, dipertanyakan orang tua murid.

“Belum tahu pasti tidak alasannya (alihfungsikan) tempat parkir. Untuk apa tujuannya. Kan, tidak tahu juga. Cuma di sini tempatnya enak, adem,” ujar Minarti.

Dia mengaku menyekolahkan anaknya di SD Negeri 01. Bila rencana itu direalisasikan, Minarti mengaku bingung untuk memindahkan anaknya yang kini duduk di kelas 2 SD.

Magdalena, orang tua murid SD Negeri 01 lainnya, mengaku sempat mempertanyakan rencana alihfungsi itu kepada pihak sekolah.

“Dari kepala sekolah sama wali kelas bilang belum ada surat kalau sekolah ini pindah. Jadi tetap jak belajar karena belum ada surat edaran,” ujarnya.

Magdalena mengaku, lokasi SD Negeri 01 berada di lokasi strategis, dan menginginkan sekolah itu tetap ada. 

Kedua orang tua murid itu berharap pemindahan anak mereka dari SD Negeri 01 dilakukan ke sekolah yang terdekat.

“Kalau dipindah susah lagi nantikan. Tapi mau gimana lagi kalau pemerintah mau. Kita orang tua tinggal nurut jak. Maunya kalau memang dipindahpun, jangan sekolah yang jauh-jauh. Ke depan atau SDN 06,” imbuh Magdalena, beberapa waktu lalu.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Selatan, Sunarti mengakui orang tua murid mempertanyakan rencana alihfungsi gedung sekolah itu yang berdampak pada pemindahan para murid. Dia berharap, realisasi alihfungsi itu dapat dilakukan pemerintah pasca-murid kelas 6 selesai ujian.

“Kalau memang jadi pindah, tunggu sampai selesai pembagian rapot. Kasihan anak kelas 6 masih ujian,” kata Sunarti.

Hingga saat ini, Sunarti mengatakan belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari Pemkot Pontianak soal alihfungsi sekolah itu.

SD Negeri 01 Pontianak Selatan telah menorehkan sejumlah prestasi. Di antaranya, meraih penghargaan Adiwiyata dalam dua tahun terakhir. Sunarti meraih prestasi sebagai kepala sekolah berprestasi peringkat dua se-Pontianak tahun 2014.

Gedung SD Negeri 01 itu dibangun sejak 1982 di atas lahan 292,25 meter persegi, dengan luas bangunan 274,5 meter per segi. Status tanah merupakan tanah milik Pemkot Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji beralasan, alihfungsi gedung SD Negeri 01 Pontianak Selatan, untuk menanggulangi masalah parkir di kawasan Jalan Gajah Mada.

“Anggaran untuk pembangunannya perkiraan mencapai Rp 8 miliar hingga Rp 9 miliar. Tapi dari gedung parkir ini tiap tahun Pemkot Pontianak bisa mendapat Rp 7 miliar hingga Rp 9 miliar," pungkasnya. (bls)

Baca Juga:
Harga Cabai Rawit Semakin “Pedas”
Lagi Indehoi, Oknum Polisi RJS Digerebek Rekannya
Miris, Selama 2016 Malaysia Deportasi 2.172 TKI Melalui PLBN Entikong