Senin, 23 September 2019


Plafon Kelas SMPN 12 Ambruk, Ini Komentar Kadis Pendidikan

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1300
Plafon Kelas SMPN 12 Ambruk, Ini Komentar Kadis Pendidikan

SMP Negeri 12 Jalan H Rais A Rahman, Gang Lawu, Kota Pontianak.

PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Kota Pontianak, Mulyadi menyatakan telah menegur pihak sekolah atas insiden ambruknya ruang kelas 7H di SMP Negeri 12, Kamis (12/1).  Mulyadi mengaku menerima laporan insiden tersebut, pukul 11.00 WIB.

Menurut dia, ruang kelas 7H sudah tidak laik digunakan untuk ruang belajar karena kondisi konstruksi yang bermatrialkan kayu sudah dimakan rayap.

“Setahun lalu saat saya monitoring ke lapangan bersama almarhum Pak Sariyana (kepala sekolah) bahwa ruangan itu sudah tidak bisa digunakan lagi. Karena memang sudah mengkhawatirkan, terlebih konstruksinya dari kayu, dan di lokasi tersebut merupakan rawa dan banyak rayap, memakan kayu-kayu tersebut,” ujar Mulyadi. 

BERITA TERKAIT:
Plafon SMPN 12 Ambruk, Saksi: Ada Bunyi Krek-Krek

Ruang itu memang sempat dipakai sementara untuk Kantor SD Negeri 56 yang terbakar dan dibangun ulang. Setelah pembangunan SD Negeri 56 selesai, ruang kelas itu diinstruksikan untuk tidak digunakan.

Mulyadi menjelaskan pembangunan ruang kelas itu sudah masuk di penganggaran 2017. Bukan hanya satu, namun tiga ruang.

"Makanya begitu ambruk saya kaget, karena ruangan itu sudah tidak digunakan lagi. Ternyata pihak sekolah tahun ini menambah ruang kelas dalam penerimaan siswa barunya. Makanya kelas itu dipakainya sementara," kata Mulyadi.

Menurut dia, pemanfaatan ruang kelas 7H, kebijakan  Kepala SMP Negeri 12 tanpa koordinasi ke Disdikbud.

Disdikbud Kota Pontianak, tegas Mulyadi, telah memberikan teguran atas kejadian ini, dan meminta pihak sekolah tidak memanfaatkan ruang kelas yang tidak laik. (bls)

Baca Juga:
Indra, Pengelola Prostitusi Via Whatsapp di Pontianak Diringkus
Sudah Bertahun Warga Desa Siantau Tak Menikmati Listrik Negara 
Oesman Sapta: Sekjen Sudding, Pasek Waketum