Saingi Ide Tugu Kuntilanak, Pemkot Gagas PRP di Sungai Kapuas

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1750

Saingi Ide Tugu Kuntilanak, Pemkot Gagas PRP di Sungai Kapuas
Taman Alun Kapuas Kota Pontianak. (SP/Net)
PONTIANAK, SP –  Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemerintah Kota Pontianak menggagas pembangunan arena pertunjukan seperti Pekan Raya Pontianak (PRP) di atas Sungai Kapuas. Gagasan tersebut mendapat apresiasi investor lokal.

“Mereka (investor) sedang mencari konsultan untuk mendesain, di mana titik koordinat yang akan dibangun,” kata Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Pariwisata, Disporapar Kota Pontianak, Hendra Feilani, Kamis (26/1).

Hendra mengungkapkan ide PRP di atas Sungai Kapuas, merupakan idenya. Direncanakan pembangunannya pada  delta, Sungai Kapuas-Sungai Landak.

Dijelaskan Hendra, rancangan bangunan dibikin luas sebagai tempat pertunjukan. Arena itu nantinya, dikelilingi oleh tribun penonton. Akses masuknya dari arah Pontianak Kota yang lebih mudah.

“Nanti, di tengahnya untuk pertunjukan multi etnis, multi kultur. Kalau kita mau maju jangan memandang beberapa etnis saja, kalau dapat semua etnis di Pontianak kita rangkul,” jelas Hendra.

BERITA TERKAIT:
Wacana Tugu Kuntilanak, Kartius: Saya Sudah Punya Desainnya

Dia meyakini, pertunjukan seni budaya maupun olahraga  di atas sungai, tentu memiliki nilai lebih dan daya tarik tersendiri.

“Saya yakin kalau ini bisa dilaksanakan, jangankan turis lokal, turis mancanegara akan hadir. Contoh di Singkawang, untungnya ratusan miliar sampai Pontianak dapat percikannya. Kalau ini kita buat, bisa-bisa turis tidak lagi lari ke Singkawang,” ujar Hendra.

Mengingat anggaran untuk pembangunan itu besar, Pemkot Pontianak akan menggandeng pihak ketiga dalam merealisasikannya.

“Pak wali kotalah yang berwenang, kita hanya beri usulan. Kalau sudah semua jadi, akan diajukan,” katanya. 

Jika berhasil dilaksanakan, Hendra melanjutkan, akan membuka peluang lapangan kerja, meningkatkan  Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hotel-hotel bakal penuh dan retribusi lain didapat.

“Masyarakat Pontianak ini haus hiburan dan pariwisata kita kurang. Kalau pun ada, hanya taman, sehingga banyak masyarakat Pontianak liburan di Singkawang,” pungkas Hendra. (bls)

Baca Juga:
Kedua Kalinya Paripurna Pergantian Ketua DPRD Ketapang Gagal
Amankan Imlek dan Cap Go Meh, Polda Kalbar Kerahkan 950 Personel
Dipecat PDIP, Ketua DPRD Ketapang Lakukan Perlawanan