Sertifikasi Ustadz, Komisi V DPRD Kalbar Dukung Rencana Menteri Lukman

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1978

Sertifikasi Ustadz, Komisi V DPRD Kalbar Dukung Rencana Menteri Lukman
Ilustrasi. (SP)
PONTIANAK, SP – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merancang sertifikasi bagi penceramah agama. Rencana itu disambut baik Komisi V DPRD Kalbar.

Menurut Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Markus Amid, rencana Kementerian Agama dalam rangka menjaga kerukunan.

"Masyarakat Kalbar mengapresiasi dengan wacana itu. Artinya, Kementerian Agama lebih maju selangkah dalam rangka menjaga kerukunan," kata Markus, Senin (30/1). 

Ditegaskannya, rencana sertifikasi itu sebagai langkah Menteri Agama sebagai pembina setiap agama, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila sertifikasi itu terealisasi, kata Markus, dia berharap seluruh Kemenag di setiap daerah bisa segera menyosialisasikannya, untuk semua agama.

"Kalau sudah disahkan, semua daerah harus segera diterapkan, begitu juga Kalbar," kata Amid.

Harapannya, dengan wacana tersebut, Kalbar semakin damai, aman, sejahtera, dan toleransi beragama semakin kuat.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, standar kualifikasi harus dipenuhi seseorang yang ingin menjadi penceramah agama. Kemenag juga akan memberikan sertifikat bagi mereka yang dianggap layak sebagai penceramah agama.

"Sekarang kami bekerja keras untuk merumuskan, apa kualifikasi atau kompetensi yang diperlukan sebagai standar penceramah itu. Lalu, kemudian bisa diakui sebagai penceramah yang memiliki kualifikasi cukup," kata Lukman.

Lukman berharap rumusan itu nantinya bisa menjadi langkah antisipasi siar ceramah yang menghujat, dan mengurangi sikap-sikap intoleran antarumat beragama. (bls/umr/rep/cnn/loh/lis)

Baca Juga:
11 Februari 2017, Presiden Jokowi Hadiri Cap Go Meh di Kota Singkawang
Muhammadiyah Kritik Kebijakan Bupati Ketapang
Jalan Rusak, Seorang Warga Meninggal Saat Menuju Rumah Sakit