Sabtu, 21 September 2019


Kajati Kalbar Sugiyono Komit Bereskan Tunggakan Perkara

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 5946
Kajati Kalbar Sugiyono Komit Bereskan Tunggakan Perkara

PISAH SAMBUT- Kajati Kalbar yang lama, Warih Sadono dan Kajati baru, Sugiyono di Gedung Kejati Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Rabu (1/3). (SP/Yodi)

PONTIANAK, SP - Kajati Kalbar Sugiyono, berkomitmen akan menuntaskan sejumlah perkara Kajati Kalbar, semasa kepemimpinan Warih Sadono. Namun untuk itu, terlebih dulu ia akan melakukan evaluasi.

"Besok mau kita dievaluasi dan meminta masukan-masukan. Karena saya kan baru dua hari di sini. Kasus-kasus itu akan segera kita selesaikan segera agar tidak lama menggantung," ujarnya saat acara pisah sambut Kajati yang lama, Warih Sadono kepada Kajati baru, Sugiyono di Gedung Kejati Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Rabu (1/3).  

Mantan Kajati Sumbar ini menargetkan, beberapa perkara di 2016 yang sedang menggantung akan segera diselesaikan pada April mendatang.

Hal ini, sudah menjadi instruksi di mana Jaksa Agung melalui Jampidsus telah membreakdown ke seluruh jajaran Kejati dan Kejari, untuk tidak ada lagi tunggakan perkara.
"April untuk penangan perkara di 2016 harus sudah (selesai) seluruh tunggakan," janji Sugiyono.  

Menurut laporan yang diterima, selama ini tunggakan kasus di Kejati banyak. "Kalau toh memang di dalam penanganan perkara itu tidak cukup bukti, maka untuk penyelidikan, tidak boleh dikatung-katung," terangnya.
 

Berkenaan dengan belasan nama yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) di Kejati Kalbar, Sugiyono mengatakan akan mempelajari perkara per perkara. "Nanti kita lihat dulu yang DPO itu perkara apa saja, dan tindaklanjutnya sampai sejauh mana," ucapnya.  

Untuk menangani perkara ini, pihaknya akan terus melacak para DPO melalui Monitoring Center Kejagung. Upaya ini terbilang efektif di mana data DPO dari Kejari atau Kejati, selanjutnya akan diteruskan. 

"Dan itu sudah banyak menghasilkan DPO-DPO yang tertangkap. Baik terpidana maupun yang tersangka. Selama ini (Monitoring Center) sudah membuktikan efektif. 90 persen berhasil," katanya.  

Usai menjabat sebagai Kajati Kalbar sejak 2015, kini Warih dirotasi menjadi Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kejagung, menggantikan Fadli Zumhana yang ditempatkan sebagai Kajati Kaltim. (umr/loh)