Dewan Minta Pembangunan Gedung Parkir Jangan Korbankan Pendidikan

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 1092

Dewan Minta Pembangunan Gedung Parkir Jangan Korbankan Pendidikan
PASANG SPANDUK - Sejumlah masyarakat penolak pembangunan gedung parkir di SDN 1 Pontianak Selatan memasang spanduk. (Yodi Rismana/SP)
PONTIANAK, SP - Polemik pembangunan gedung parkir di lahan SDN 1 Pontianak Selatan ditanggapi Anggota Komisi D DPRD Kota Pontianak, Ardiansyah.

Dia meminta semua pihak tak mudah terpancing dengan isu yang beredar. Pihaknya sudah melakukan rapat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak dan Komite Sekolah.

“Ada kesepakatan bahwa tidak ada pendidikan yang dikorbankan dalam pembangunan gedung parkir ini,” kata Ardiansyah, Jumat (5/5).

Apalagi walau sekolah dialihfungsikan, ada kompensasi masuk ke sekolah negeri yang dikehendaki. Para siswa juga akan dipindah ke SDN 06 yang lokasinya tak jauh dari SDN 01. Siswa pun dipersilakan memilih sekolah yang lebih dekat dengan rumah.

“Ini tidak ada mengorbankan dunia pendidikan, garansi masuk di SMP negeri itu juga sangat bagus," ujarnya

DPRD juga mau lihat rencana pembangunannya nanti. Tapi harus ada rapat-rapat dan sosialisasi. Pemindahan sekolah juga melalui proses panjang. Dia mengingatkan, pembangunan gedung parkir dan kemajuan pembangunan kadang memang bisa mengubah tempat pendidikan menjadi lokasi dagang dan jasa. Tapi semua harus dengan pertimbangan kepentingan yang lebih banyak.

 “Perlu juga diketahui, primadona Pendapatan Asli Daerah Kota Pontianak dari hotel dan restoran dan pajaknya juga untuk pendidikan. Yang kita tidak setuju adalah anak-anak putus sekolah, tapi kalau diberi alternatif dan dipindah sekolah lain itu alternatif, jadi tidak ada pendidikan yang dikorbankan,” jabarnya. Terlebih kebanyakan murid di SDN 01 bukan berasal dari lingkungan sekitar. Dan keberadaan sekolah di Pontianak sudah merata.

“Orangtua bisa menyekolahkan anaknya didekat tinggalnya,” tutupnya. (bls)