Minggu, 22 September 2019


Sertijab Kapolresta Pontianak

Editor:

Syafria Arrahman ST Raja Alam

    |     Pembaca: 1103
Sertijab Kapolresta Pontianak

SERTIJAB – Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Pontianak, dilakukan langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Brigjen Pol Erwin Triwanto di Mapolresta Pontianak, Jumat (26/5). (SUARA PEMRED/AB

Kombes Pol Iwan Imam Susilo resmi melepas jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Pontianak. Posisi orang nomor satu di jajaran Polresta Pontianak tersebut kini dijabat oleh Kombes Pol Purwanto. Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Erwin Triwanto di Mapolresta Pontianak, Jumat (26/5).

Sebagai mantan Kapolresta Pontianak dan pengayom masyarakat, Iwan tak ingin pergi begitu saja. Dia menitipkan sejumlah pesan-pesannya agar warga Kota Khatulistiwa bisa hidup rukun dan damai.  

 "Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan, Pontianak memiliki sejarah yang cukup panjang terkait konflik sosial. Oleh sebab itu, saya mohon dan mengharapkan masyarakat lintas agama, suku agar mempererat persatuan. Jangan mudah terprovokasi,” katanya.  

Dia mewanti-wanti agar warga tak mudah terhasut media sosial yang dewasa ini menjadi salah satu sarana yang cukup efektif untuk mengadu domba.  

Iwan juga mengucapkan terima kasihnya terhadap seluruh komponen yang telah mendukungnya saat bertugas setahun belakangan ini. Posisinya kini memang telah berganti. Tapi Iwan juga menorehkan sejumlah prestasi yang dapat dikenang oleh warga Pontianak.  

Seperti menjadikan Polresta Pontianak sebagai Polresta terbaik seluruh Indonesia, pengungkapan kasus-kasus besar, dan terakhir mengamankan kegiatan pada tanggal 20 Mei kemarin.  

“Semua bisa dilakukan berkat dukungan semua pihak. Saya berterima kasih atas dukungannya. Alhamdulilah terjalin koordinasi yang baik dengan berbagai pihak. Alhamdulilah, kita bisa mengamankan Pontianak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan akhirnya, saya mohon diri, mohon pamit,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta yang baru, Kombes Pol Purwanto berharap, semua pihak dapat mendukungnya dalam mengemban tugas.


Dia menegaskan, seluruh komponen masayarakat turut bertanggungjawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban.
 

"Oleh karena itu, saya mohon bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat Pontianak marilah kita sama-sama menjaga Kamtibmas. NKRI adalah harga mati," tegasnya.  

Dia pun memiliki kiat-kiat khusus dalam mengamankan Kamtibmas di Pontianak. "Saya juga akan meminta pasukan yang berkompeten di bidang penanganan tindak pidana kejahatan, terutama pihak Reskrim. Namun polisi tidak bisa menjadi apa-apa tanpa dukungan masyarakat," pungkasnya. 

Terpisah, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar, Brigjen Pol Erwin Triwanto mengatakan rotasi perwara adalah hal yang biasa.  

"Ini memang agenda. Tidak ada korelasinya dengan situasi Kamtibmas kita. Mereka bekerja dengan baik. Dirintel juga sangat berprestasi. Kapolresta juga sangat berprestasi dan sangat memiliki integritas dan dedikasi tinggi," ujarnya.

Dalam Sertijab tersebut, juga dilakukan pergantiana posisi Direktur Intel Polda Kalbar. (abdul halikurrahman/and)