Senin, 16 Desember 2019


Bagi-bagi Sembako Murah

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 598
Bagi-bagi Sembako Murah

TERTIB - Antrean penjualan paket sembako murah di Kantor Camat Pontianak Barat, berlangsung tertib, Selasa (13/6). Ada 1000 paket sembako yang dibagikan kepada warga berpenghasilan rendah di wilayah itu.

PONTIANAK, SP – Pemerintah Kota Pontianak bekerja sama dengan BUMN dan BUMD serta perusahaan kota menjual paket sembako murah untuk warga kurang mampu. Dengan uang Rp50 ribu, warga bisa mendapat paket sembako berisi beras lima kilo, gula dua kilo dan minyak goreng dengan jumlah sama seharga Rp100 ribu.

Paket itu pun diberi bonus satu kaleng susu.
Pembagian pertama dilakukan di Kecamatan Pontianak Barat dan Pontianak Kota. Kecamatan yang pertama disebut mendapat jatah 1000 paket, yang kedua hanya 400. Paket sembako khusus bagi warga kurang mampu itu dijatah satu orang satu. Tapi di lapangan, ada warga yang dapat jatah dua.

"Ini dari kelurahan dapat dua kupon, katanya satu keluarga satu, tapi kalau beruntung bisa dapat dua walau satu KK (Kartu Keluarga)," ucap Risla Guspita (31) warga Pontianak Barat usai membeli paket sembako di Kantor Camat Pontianak Barat, Selasa (13/6) pagi. Dengan dua kupon, Risla merogoh kocek Rp100 ribu. Walau dapat dua paket, dia tak makan sendiri. Satu paket lain akan diberikan pada keluarga."Ini untuk keluarga satu, kasihan juga," pendeknya.

Risla senang bisa mendapat paket sembako dengan harga murah. Apalagi saat ini, harga-harga bahan pokok mulai melangit. "Sekarang mau lebaran, mau buat kue juga kan. Dapat beras, minyak, gula, susu katanya dikasih tambahan," tutupnya. Beda dengan Risla, Yetatamami yang juga warga Pontianak Barat hanya dapat satu kupon.

Walau demikian dia senang. Sejak pukul sembilan dia ikut antre sembako. Kupon didapatnya dari Ketua RT tempat dia tinggal. Di tempat sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi Tri Wibowo menerangkan operasi paket sembako murah dilakukan di enam kecamatan. Dia memastikan warga yang menerima kupon beli diprioritaskan bagi warga miskin.

Tahap pertama, Selasa (13/6) dilangsungkan di Pontianak Barat dengan 1000 paket dan Pontianak Kota 400 paket. Total ada 4000 paket yang dibagikan se Kota Pontianak. Selain menjual paket sembako, pihaknya juga menjual bawang putih dengan harga Rp24 ribu per kilogram.

"Seharusnya harganya Rp100 ribu, isinya lima kilo beras, dua kilo minyak goreng, dua kilo gula pasir dan bonus susu kaleng. Semua total ada 4000 paket. Pontianak Selatan, Kota, Tenggara 400 paket," jelasnya. Pihak yang mendukung operasi paket sembako murah ini membantu dengan mengurangi harga beli, dari Rp100 ribu jadi Rp50 ribu.

 Waktu pembelian paket sembako pun dibatasi hanya sampai pukul 14.00 WIB. Mereka yang membeli dengan kupon lewat batas itu, tak akan dilayani. Jika masih sisa, paket akan dijual ke warga lain yang tak dapat kupon.

"Besok di Pontianak Selatan dan Tenggara. Jadi nanti kita batasi, kalau sampai jam dua kupon tidak mengambil, artinya mereka tidak perlu. Semuanya harus habis dibagikan," pungkasnya. (bls/and)