Sukir Legowo Lepas Jabatan Karutan Klas IIA Pontianak

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 873

Sukir Legowo Lepas Jabatan Karutan Klas IIA Pontianak
Sukir, mantan Karutan Klas IIA Pontianak. (Net/SP)
PONTIANAK, SP - Mantan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Pontianak, Sukir membenarkan bahwa dirinya sejak Kamis (15/6), tidak lagi menjabat sebagai Kepala Rutan. Hal itu disampaikannya langsung kepada Suara Pemred, di rumah dinas Karutan, Sungai Raya Dalam, Jumat (16/6) siang.

"Dari kemaren, (Kamis) memang betul, saya ini kalau dalam bahasanya ditarik ke kantor wilayah. Sementara pengganti saya ditunjuk Plh.  Karena pejabat definitif, SK-nya harus dari Sekjen," jelasnya.

Sayang, saat Suara Pemred menanyakan ihwal pemberhentiannya secara mendadak, dan kaitannya dengan kasus narapidana Rutan yang ditembak polisi pada kasus kepemilikan sabu 2 kilogram beberapa waktu lalu, Sukir memilih tidak mau berkomentar dan menanggapi hal itu.

"Untuk detilnya, saya sudah diinstruksikan sama Kakanwil dan Kadiv Pemasyarakatan, agar saya tidak boleh bicara keluar. Artinya, kalau ada dari media, biar pimpinan saya yang bicara. Saya kalau ngomong, nanti disalahkan oleh beliau," kata Sukir.  

Ia pun menegaskan, pencopotannya dari jabatan Karutan adalah hal yang wajar, dan bagian dari proses pembinaan pegawai.

"Mungkin saya dianggap ada kekurangan, mungkin perlu dibina lagi, ya itu kewenangan pimpinan," terangnya.

Pasca pemberhentiannya sebagai Karutan, Sukir mengatakan, dia tetap bekerja sebagai abdi negara. Yakni, akan terus melayani masyarakat di Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalbar.

"Mulai Senin, saya akan berkantor di Kanwil Kalbar. Langkah ini dilakukan Kakanwil Kalbar," kata Sukir.

Suara Pemred mencoba melakukan konfirmasi Kanwil Kemunkum dan HAM Kalbar. Sayangnya, yang bersangkutan sedang tidak berada di kantor. Informasi itu diperoleh dari petugas jaga Kantor Kanwil Kemenkum dan Ham Kalbar. (abd/loh)