DPRD Dorong Bukit Rel Batulayang sebagai Daerah Wisata

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 838

DPRD Dorong Bukit Rel Batulayang sebagai Daerah Wisata
PENIMBUNAN - Sejumlah warga Batulayang melakukan aksi gotong-royong pengerasan jalan menuju kawasan Bukit Rel Pontianak, pekan lalu. (Ist/SP)
PONTIANAK, SP - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Satarudin akan mengupayakan untuk membuat kawasan Bukit Rel jadi kawasan wisata. Lokasi tersebut katanya sempat ramai beberapa tahun lalu. Namun kembali senyap dan seakan tidak dimanfaatkan pemerintah.

“Kita di DPRD mendorong agar Bukit Rel bisa jadi lokasi wisata agro. Kawasan-kawasan yang ada harus dimanfaatkan seluas-luasnya untuk masyarakat kota,” ucapnya, kemarin.

Kawasan Timur dan Utara Pontianak saat ini sedang ditataulang. Pabrik-pabrik diminta bergeser keluar dari wilayah tersebut. Sebagai gantinya, potensi yang ada harus bisa dimanfaatkan. Bukan tidak mungkin daerah Utara yang selama ini dikenal sebagai kawasan industri, akan berubah jadi kawasan wisata.

Tugu Khatulistiwa sudah lebih dulu ada dan terus dibenahi. Ada pula lokasi wisata religi seperti Makam Kesultanan Pontianak. Bukit Rel pun dia rasa bisa jadi lokasi baru yang memberi nilai ekonomi pula pada warga.

“Bisa saja ketika pabrik itu bergeser, warga sekitar ikut kehilangan mata pencarian, nah saya pikir potensi wisata tadi bisa jadi pengganti,” sebutnya.

Makin banyak lokasi wisata, apalagi Jembatan Landak akan dibuat kembaran, demikian juga Jembatan Kapuas, akan buat warga Timur dan Utara Pontianak merasakan pembangunan yang sama. Selama ini katanya sebagian warga merasa dianaktirikan. Walau sebenarnya pembangunan terus dilakukan, dengan fokus utama pada infrastruktur untuk memudahkan aksesibilitas.

“Ada banyak program untuk Pontianak, dan itu bisa disinergiskan untuk kota yang lebih bisa bikin warganya bahagia. Kan begitu fokus Pemkot tahun ini. Bukit Rel ini juga ruang terbuka hijau kota yang perlu dapat perhatian,” yakinnya. (bls)