Tangkap Pembuang Sampah di Sungai Dapat Imbalan

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 774

Tangkap Pembuang Sampah di Sungai Dapat Imbalan
RAWAT SUNGAI – Plang imbauan untuk merawat sungai, dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan Sungai Kapuas. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji akan memberikan imbalan bagi warga yang berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan di sungai.

Komitmen Merawat Lingkungan 


Sebagai wujud komitmen untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, khususnya di kawasan sungai, Pemerintah Kota Pontianak akan memberikan sanksi tegas terhadap siapa saja yang membuang sampah di sungai.

SP - Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Pontianak, Sutarmidji saat menghadiri sebuah kegiatan jalan sehat berhadian di Tugu Lancang Kuning Sungai Jawi, Minggu (27/8). 

"Kita akan beri sanksi tegas kepada pelaku yang buang sampah di sungai," ujarnya.

Bahkan Sutarmidji juga bakal memberikan hadiah berupa uang, bagi siapa saja warga yang berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan di sungai atau parit. 

"Barang siapa yang berhasil menangkap dan melaporkan langsung pembuang sampah di sungai saya akan memberikan uang sebanyak Rp500 ribu," ungkapnya.

Sutarmidji mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Bahkan tak hanya masyarakat umum, bagi pelajar yang berhasil menemukan pelaku pembuang sampah juga diberi imbalan.

"Kalau pelajar kita akan berikan sepeda. Kalau berani melaporkan pelaku pembuang sampah di sungai, namun uang membeli sepeda itu kita beli dari pelaku, sebab nantinya si pelaku pembuang sampah di sungai ini akan kita mintakan uang, kalau tidak mau kita bawa ke pengadilan," tutur orang nomor satu di Kota Pontianak ini.

Dia mencontohkan, sebelumnya pihaknya juga memberikan sanksi yang sama terhadap pelaku penebang pohon di kawasan Kota Pontianak dengan denda sebesar Rp15 juta. "Kalau dia tidak bayar denda tentu akan kita adili di pengadilan dan bisa ditahan," ucapnya.

Selain itu dia juga mengimbau kepada masyarakat, agar bersama-sama menjaga, merawat serta melestarikan lingkungan. Tak terkecuali sungai.

"Mari bersama-sama kita jaga lingkungan, tidak menebang pohon tidak buang samph sembarangan, tentu hal tersebut dilakukan demi kepentingan bersama," imbuhnya.

Warga yang tinggal di bantaran Sungai Jawi, Rusliansyah D Tolove, mendukung komitmen pemerintah Kota Pontianak bahkan dengan sanksi yang ditetapkan ini. 

"Tentu sebagai warga sendiri saya mendukung apa yang diamanatkan oleh pemimpin kita untuk menjaga lingkungan, paling tidak kita ceburkan saja si pelaku yang membuang sampah di sungai ini tempat dia membuang sampah itu," pungkasnya. (nova sari/and)

Komentar