Galang Dana di Perempatan Jalan untuk Etnis Rohingya

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 641

Galang Dana di Perempatan Jalan untuk Etnis Rohingya
PENGGALANGAN DANA – Salah satu anggota DPRD Kalbar, Miftah, melakukan aksi penggalangan dana di perempatan Jalan Tanjungpura-Jalan Pahlawan, Pontianak, untuk membantu etnis Rohingya di Myanmar. SP/Umar

Aksi Solidaritas FPI Kalbar


Tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar, menuai banyak simpati dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Kota Pontianak. Berbagai bentuk aksi solidaritas, contohnya saja pengumpulan bantuan untuk dikirim kepada para korban tregedi tersebut pun digelar.

SP - Seperti yang dilakukan oleh Front Pembela Islam (FPI) dan Laskar Pembela Islam (LPI) Kalimantan Barat, Rabu (6/9) petang. Organisasi masyarakat (Ormas) Islam ini mengumpulkan bantuan berupa uang dan sembako di sejumlah lokasi perempatan jalan di Kota Pontianak.

"Mereka membutuhkan uluran tangan kita. Mereka membutuhkan perhatian, kemudian mereka juga membutuhkan hal-hal yang sekarang memang lagi dibutuhkan mereka. Termasuk barangkali sandang, pangan dan lain sebagainya," ujar satu di antara anggota FPI Kalbar, Miftah kepada Suara Pemred, di perempatan Jalan Tanjungpura-Jalan Pahlawan.

Dia mengatakan, sebagai bentuk aksi kemanusiaan kepada etnis Rohingya yang mayoritas Muslim ini, sedikit ataupun banyaknya bantuan yang bisa diberikan, setidaknya akan dapat mengurangi beban yang mereka alami saat ini.

"Saya yakin, sedikit atau banyak penggalangan dana dari masyarakat ini akan membawa manfaat. Walaupun nanti barangkali kita kirimkan dananya, kemudian barangkali hanya digunakan untuk pembelian mie, beras atau gula, tapi manfaatnya luar biasa," terang Miftah yang juga anggota DPRD Kalbar ini.

Miftah menerangkan, aksi penggalangan dana ini dilakukan sehari saja. Namun tidak menutup kemungkinan, akan dilakukan aksi-aksi berikutnya.

Dia menjelaskan, hasil dana yang terkumpul akan disalurkan melalui FPI atau LPI yang berada di Pusat. "Nanti mereka yang akan menyalurkan penggalangan dana ini," katanya.

Miftah mengajak, semua elemen masyarakat termasuk pemerintah maupun lembaga legislatif untuk tergerak rasa kepeduliannya membantu etnis Rohingya di Myanmar.

"Ayo sama-sama kita menggalang dana untuk memberikan bantuan kepada saudara kita di Rohingya. Aksi kemanusiaan ini," pungkasnya. 

Sebelumnya, Staf Ahli Ketua DPD RI, Harry Daya mengimbau agar masyarakat Kalbar, termasuk Pemerintah Daerah ikut membantu memberikan andil atau sumbangsih secepat mungkin.

Dia juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia sudah turun tangan ke sana, termasuk dunia. 

Harry yang juga Sekretaris DPD Partai Hanura, turut mengajak pemuda dan mahasiswa di Kalbar, semua etnis dan agama segera peduli turun ke jalan untuk menggalang bantuan kemanusian.

Namun di sisi lain, dia juga meminta masyarakat agar mewaspadai penyebaran berita bohong atau hoax terkait tragedi kemanusiaan ini. Terutama yang berkembang di media sosial dengan tujuan memecah belah persatuan antar umat beragama. (umar faruq/bls/and)

Komentar