15 Sanggar Ramaikan Parade Teater Pelajar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 682

15 Sanggar Ramaikan Parade Teater Pelajar
TAMPIL – Teater Linka dari SMAN 1 Pontianak, tampil sebagai pembuka Parade Teater Pelajar 2017 di Taman Budaya Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (19/9) petang. Sedikitnya 15 kelompok teater ikut menampilkan kebolehannya dalam ajang tersebut. SP/Balasa
PONTIANAK, SP - Sebanyak 15 sanggar teater sekolah akan meramaikan gelaran Parade Teater Pelajar 2017. Parade kali ini dilaksanakan Forum Masyarakat Teater (FORMAT) Kalimantan Barat bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Mengusung tema ‘Mencintai Tradisi Membaca Kehidupan’ yang akan dilaksanakan pada aula tertutup Taman Budaya Provinsi Kalimantan Barat.

"Parade ini akan diikuti oleh 15 Sanggar dengan waktu pelaksanaan 18 hingga 24 September 2017. Pembukaan dilakukan tanggal 19 September 2017 di Taman Budaya," ucap Ketua Pelaksana, Ali Nafia usai pembukaan, Selasa (19/9) malam.

Secara umum, Ali Nafia menjelaskan, kegiatan untuk tetap meregenerasi serta memperkuat eksistensi seni teater di Kalimantan Barat. Menurutnya, ada beberapa poin penting yang menjadi tujuan dari parade teater ini.

Di antaranya, melestarikan seni budaya daerah dan mengembangkan kesenian yang ada pada tataran Kalimantan Barat secara khusus dan Indonesia secara umum.

"Upaya ini berjalan seiring dengan maraknya kebudayaan baru yang masuk di kalangan pemuda. Modernisasi ini pada dasarnya bertujuan mengubah pola pikir pelajar," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Forum Masyarakat Teater (FORMAT) Kalimantan Barat, Mugiyono menjelaskan, kegiatan ini jadi ajang seleksi Parade Teater Khatulistiwa 2018 untuk kategori pelajar. 

Selain itu dia berharap Kalimantan Barat menjadi barometer dalam skala nasional dalam menyelenggarakan berbagai parade teater.

Satu di antara juri, Heri Ansari mengatakan, parade semacam ini harus tetap digalakkan di Kalimantan Barat agar pelajar-pelajar didekatkan dengan kesenian. Melalui parade teater ini, dia berharap dapat lahir sosok pegiat teater yang dapat bersaing baik di taraf nasional maupun internasional. 

Pemenang dan hadiah dari Parade Teater Pelajar 2017 ini akan dipilih dari lima pemenang tanpa jenjang. Selain itu, setiap pemenang yang terpilih mendapatkan uang pembinaan, piagam dan dapat menjadi satu di antara perwakilan Kalimantan Barat Parade Teater Khatuliswa 2018. (bls/and)

Komentar