Kerjasama dengan KPUD, LAKI Kerahkan 5000 Personel Pemantau Pilgub Kalbar

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 550

Kerjasama dengan KPUD, LAKI Kerahkan 5000 Personel Pemantau Pilgub Kalbar
KERJASAMA - KPUD Kalbar dan LAKI jalin kerjasama sukseskan Pemilihan Gubernur Kalbar.
PONTIANAK, SP - Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) jalin kerjasama guna sukseskan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar tahun 2018.

Ketua Umum LAKI Burhanuddin mengatakan, personel yang telah dipersiapkan untuk proses pemantauan dari awal tahapan pelaksanaan sampai akhir sebanyak 5000 orang. 

"Selain memantau proses pemilihan dari awal sampai akhir, LAKI juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar memilih pemimpin yg bersih dari korupsi," kata Burhanuddin, kemarin. 

Menurut dia, semua masyarakat Kalbar pasti tidak ingin adanya pemimpin yang korup. Karena rakyat akan menanggung risikonya. 

"Semoga dengan adanya kerjasama ini akan melahirkan pemimpin berkualitas," ujarnya. 

Maka dari dia meminta seluruh pengurus LAKI di Kalbar untuk menyiapkan personel sebagai pemantau.

Burhanuddin menjelaskan, dasar hukum kerjasama itu ialah Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 serta perubahan kedua UU Nomor 10 Tahun 2016 
tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Selain itu dikuatkan Peraturan KPU Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. 

"Ada juga PKPU Nomor 5 Tahun 2015 tentang Partisipasi Masyarakat," ucapnya. 

Menurut dia, LAKI telah memiliki pengalaman dalam pemantau, bukan hanya Pilkada tetapi sudah memiliki akreditasi pengalaman pemantau Pilpres oleh KPU pusat. 

"Yang sangat rawan dan perlu diawasi adalah saat penghitungan suara dari TPS sampai PPS dan PPK," urainya.

Selain itu yang menjadi perhatian adalah sata pemilih yang biasanya tidak sinkron. Data itu menurut dia bisa menjadi persoalan hukum. 
 ?
"KPUD Kalbar sangat merespon. Dan KPUD siap bekerjasama dengan LAKI," tutupnya. (ang)