DPRD: Gencarkan Promosi Hari Jadi Kota

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 433

DPRD: Gencarkan Promosi Hari Jadi Kota
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Mashudi meminta pihak terkait bisa menjadikan Hari Jadi Kota Pontianak ke-246 sebagai ajang promosi kota. 

Menurutnya, berbagai macam kegiatan yang digelar harus bisa memancing keingintahuan para wisatawan. Agenda tahunan ini diharapkan jadi gerbang meningkatkan wisata di Pontianak.

"Ini kerja kita semua. Tidak hanya pemerintah, tapi juga sektor swasta. Apalagi akses ke Pontianak ini mudah," katanya, Selasa (3/10) siang.

Untuk menuju Pontianak, jalur darat, laut dan udara bisa dipakai. Sudah selayaknya ulang tahun Pontianak tidak hanya dinikmati masyarakat kota. Tapi juga mancanegara.

"Kita punya Tugu Khatulistiwa dan Istana Kadriah. Kebudayaan kita beragam, akses mudah, tidak ada alasan event tahunan ini tidak bisa menarik perhatian luar," ucapnya.

Apalagi menurutnya, iringan pengantin Melayu sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tak benda. Agenda ini selalu digelar tiap tahun dan digabungkan dengan nikah massal. Budaya Melayu mungkin tak hanya di Pontianak, karenanya ciri khas ini harus ditonjolkan.

"Kita sudah ada water front, kegiatan Hari Jadi Pontianak harusnya bisa juga diarahkan ke sana. Untuk benar-benar menjadikan Sungai Kapuas sebagai wajah kota," imbuhnya.

Politisi Hanura ini meyakini, water front city yang sudah dibangun pasti bisa menjadi magnet. Apalagi beberapa waktu lalu, warga dan camat di sekitar kawasan itu berniat membikin home stay. Orang bisa merasakan bagaimana tinggal di tepi sungai terpanjang di Indonesia itu.

Momentum hari jadi, katanya adalah saat yang tepat untuk memberi kesan nyaman, pusat-pusat wisata baru di Pontianak. Dia yakin orang sudah kenal dengan Jalan Gajahmada yang disebut sebagai Coffee Street. Tapi masih belum banyak yang tahu indahnya Sungai Kapuas sekarang dan budaya masyarakat sekitar.

"Dulu orang mungkin menilai sungai itu tempat pembuangan, tapi sekarang di Pontianak, sungai itu halaman depan. Banyak potensi wisata dan ekonomi yang bisa dilahirkan di sana," pungkasnya. (bls/and)

Komentar