Penyerahan Berkas, Hanura Yakin Lolos Verifikasi

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 439

Penyerahan Berkas, Hanura Yakin Lolos Verifikasi
PENYERAHAN BERKAS - Ketua DPC Hanura Pontianak, Damri menyerahkan berkas administrasi kepesertaan Pemilu kepada Ketua KPU Pontianak, Sujadi di Kantor KPU Pontianak, Senin (16/10). Hanura Pontianak menyerahkan KTA melebihi ketentuan. Ist
PONTIANAK, SP - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Hanura Kota Pontianak, menyerahkan berkas syarat administrasi untuk mengikuti Pilkada mendatang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Senin (16/10) siang. 

Rombongan Hanura Pontianak itu dipimpin langsung Ketua DPC Hanura Pontianak, Damri.

"Alhamdulillah berkas kita sudah diterima, tapi memang ada sedikit yang perlu diperbaiki," kata Damri usai penyerahan.

Dalam penyerahan berkas ini, Hanura Pontianak mencantumkan 714 Kartu Tanda Anggota (KTA). Jumlah itu di atas syarat minimal yang diharuskan KPU, satu per seribu jumlah penduduk atau berjumlah 655 KTA.

"Saya yakin Hanura Pontianak lolos dalam pendafataran administrasi ini. Menyangkut dokumen lainnya, sebelum jam 00.00 WIB (Senin), insyaallah bisa kita penuhi," katanya.

Penyerahan berkas ini memang menjadi syarat partai sebagai peserta Pemilu. Di mana di tahun 2018, di Kota Pontianak akan dilangsungkan pemilihan wali kota. Sementara di tahun 2019, pemilihan legislatif dan presiden akan digelar.

Selain menyerahkan berkas ke KPU, Hanura Pontianak sudah melakukan persiapan jelang Pilkada mendatang. Konsolidasi ke berbagai jenjang dan penguatan pengurus sampai ke tingkat paling bawah sudah dilakukan. Apalagi dalam pesta demokrasi nanti, Hanura menargetkan jadi pemenang.

"Kami juga sudah melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di semua daerah pemilihan dan terbuka untuk semua kalangan masyarakat Kota Pontianak," ucapnya.

Pendaftaran bacaleg Hanura memang dibuka serentak se-Kalbar sejak beberapa waktu lalu.

"Selanjutnya, bacaleg ini akan kita saring sesuai dengan kemampuan calon," pungkasnya. 

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, semua parpol wajib melakukan pendaftaran. Namun untuk proses verifikasi faktual, hanya diwajibkan bagi partai baru.

Adapun persyaratannya, parpol diwajibkan menyerahkan dokumen kepartaian yang disertai dengan KTA dan KTP elektronik yang disesuaikan dengan sistem informasi partai politik (Sipol). (bls/umr/and)

Komentar